Abah Ujang Mukhtar Pernah Juara Dalang se-Jawa Barat, Berikut Ini Kisahnya

Abah Ujang Mukhtar (kanan) bersama Kasi Kesenian Disparbud Waya Karmila (kiri)

Karawang – Kiprah Abah Ujang Mukhtar seorang dalang ternama di Karawang sudah tak asing lagi terdengar. Apalagi bagi mereka pecinta kesenian dan kebudayaan. Abah Ujang yang merupakan asli putra Karawang ini memiliki prestasi yang membanggakan. Dimana Abah pernah juara tingkat Provinsi Jawa Barat dalam event Binojakrama pedalangan tahun 1987. Disitu karir Abah naik daun. Tak tanggung-tanggung, sang jawara pedalangan itu langsung dikontrak rekaman dalam kaset pita oleh studio rekaman di Jakarta.

“Alhamdulillah. Itu bagian dari proses kita,” kata Abah yang dikutif dalam akun Facebook Pepadi Karawang.

Abah yang berdomisili di Dusun Salem Desa Pasir Kamuning, Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang mempunyai nama group seni Wayang Golek. Adalah Tumaritis 2. Sekaligus sebagai sanggar seni tempat latihan para dalang muda dan para nayaga.

“Murid-murid Abah selain nonoman muda ada juga murid dari kalangan dewasa. Contohnya para pengurus Pepadi dari Bekasi dan Karawang yang sengaja ingin berlatih sebagai dalang sekedar untuk bisa menjadi dalang dan mengerti alur cerita pewayangan,” kata Abah lagi.

Abah bercerita mulanya menjadi seorang Dalang Wayang Golek. Dimulai dari tahun 1976, Abah berguru pada Dalang Barnas dari Jakarta. Sejak tahun 1980 panggungan pentas ia tak pernah sepi, karna sebagai dalang yang mumpuni dan sohor sampai sekarang.

“Selain pentas di setiap kabupaten yang ada di Jawa Barat, juga pernah manggung di pulau Sumatra dan Jawa Tengah,” kata Abah seraya menyebutkan di kepengurusan Pepadi Karawang sebagai Penasehat.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...