DPRD Sebut Sampah yang Menumpuk di Sungai & Drainase Penyebab Banjir

Karawang – Sekretaris Komisi III DPRD Karawang, Fitri Meilinda menyebut sampah yang menumpuk di sungai dan drainase menjadi salah satu penyebab banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Cikampek. Hal itu ia katakan saat mengunjungi korban banjir di Desa Dawuan Tengah dan Dawuan Barat, Senin (8/1/2021).

Legislator daerah pemilihan lima (dapil V) dari Partai Golkar tersebut mengatakan, minimnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) membuat sampah berserakan. Saat musim hujan, banyak sampah yang terbawa arus air masuk ke sungai dan drainase sehingga terjadi penyumbatan.

“Karena tidak ada TPS banyak masyarakat buang sampah di tepian sungai. Sa’at debit air tinggi dan hujan deras sampah juga terbawa arus ke sungai,” Ujar Fitri.

Ia mengaskan, pemerintah daerah (pemda) harus mulai memikirkan kebutuhan TPS di sejumlah desa di Karawang, khususnya di Desa Dawuan Tengah dan Dawuan Barat yang kerap tertimpa bencana banjir.

“Tentunya sangat dibutuhkan peran pemerintah dalam menyediakan kebutuhan TPS di lingkungan masyarakat, apalagi yang dekat dengan sungai,” ujarnya.

Fitri juga mengajak kepada masyarakat agar terbiasa membuang sampah di tempat yang seharusnya. Terlebih sampah non organik yang memerlukan waktu sangat lama dalam untuk mengurainya.

“Saya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak ada sampah berserakan di mana-mana. Ayo kita membiasakan membuang sampah pada tempatnya,” serunya.

Dalam kegiatan tersebut, Fitri mendatangi sejumlah posko bantuan dan dapur umum di Perumahan BMI 1, BMI 2, serta di Dawuan Tengah. Sejumlah bantuan berupa makanan siap saji, mie instant, air mineral, beras, popok bayi dan obat-obatan diberikan.

Ia berharap masyarakat yang terkena musibah banjir ini tetap diberikan kesehatan, terlebih dalam situasi ini sangat sulit untuk menetapkan protokol kesehatan.

“Masyarakat yang terkena musibah bukan hanya harus sabar mengahadapi bencana, tapi juga harus tetap waspada akan penyebaran COVID-19. Semoga semuanya tetap diberikan kesehatan,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...