Cerita Dalang Sadim Nafkahi 11 Anak dari Hasil Manggung Wayang Golek

Karawang – Dalang Sadim Acep Putra merupakan salah satu dalang wayang golek yang ada di Kabupaten Karawang. Ia lahir pada bulan Juni 1950. Kini usianya sudah 71 tahun. Namun masih segar bugar dan energik. Dalang Sadim Acep Putra berdomisili di Kampung Tunggakjati Kelurahan Tunggakjati Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang.

Ketika Ketua Pepadi Karawang Waya Karmila,S.Pd,MM., berkunjung ke rumahnya, dalang Sadim Acep Putra bercerita tentang pengalamannya menjadi dalang wayang golek. Ia mulai manjadi dalang wayang golek sejak tahun 1977 sampai tahun 2000an. Yang paling unik dari dalang Sadim Acep Putra adalah mempunyai 11 anak dan menafkahi anaknya dengan hasil satu satunya menjadi dalang wayang golek.

Menurut Sadim saya tidak punya apa apa lagi selain jadi dalang. “Tapi Alhamdulillah anak saya bisa makan dan sekolah dari hasil saya menjadi dalang. Sekarang anak saya sudah berumah tangga semua dan saya sudah lepas tanggung jawab,” kata Sadim dalam akun BMMK.

Pada masa jayanya dalang Sadim Acep Putra hampir setiap bulannya penuh dengan panggungan. Kebanyakan daerah yang sering manggung adalah di Kabupaten Bekasi dan Banten.

Satu satunya darah dalang yang mengalir ke anaknya yang nomor 10 yaitu Dalang Enang Sadim Putra dengan nama Group Gending Pusaka Rama.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tegas ! Dishub Bakal Tilang dan Gembok Kendaraan Parkir Liar

KARAWANG – Pemilik kendaraan yang melakukan parkir liar maka akan ...