Susah Masuk Kerja di Pabrik, Aulia Memilih Buka Usaha Lobster Air Tawar. Kini Omsetnya Mencapai 50 Juta Setiap Panen

Aulia Azfar Mucharamsyah seorang pemuda inspiratif yang sukses bidang usaha

Karawang – Aulia Azfar Mucharamsyah (24) seorang pemuda inspiratif yang sukses bidang usaha. Ia mempunyai usaha Lobster Air Tawar. Kini omsetnya mencapai 50 juta rupiah setiap kali panen.

Pemuda asal Perum Karang Indah, Karangpawitan mempunyai inspirasi itu berawal dari orang tuanya mempunyai usaha ikan lele. Setelah ayah Aul meninggal dunia, usaha itu dilanjutkan olehnya. Namun, ikan lele lebih boros pada pakan, sehingga Aul berdiskusi dengan rekannya menentukan usaha bidang air.

“Maka ketemukan Lobster air tawar. Kami mulai di akhir 2019 dengan modal seadanya. Lalu dengan menggeluti bidang usaha ini bisa mempunyai omset 50 juta setiap panen. Dengan lahan tanah untuk kolam sekitar 500 meter saya manfaatkan,” katanya kepada Fakta Jabar, Jumat (5/11/2021).

Aul yang aktif di organisasi kepemudaan KNPI Karawang selalu berbagi ilmu wirausaha. Tujuannya supaya pemuda menjadi wirausaha dan membuka lapang pekerjaan.

Sebelum menjadi wirausaha, Aul pun sempat mencari kerja ke industri. Namun, nasib berkata lain. Aul tidak ada peluang masih dunia industri hingga memilih menjadi wirausaha.

Lobster Air Tawar

“Susah mencari kerja. Sudah berkali-kali mencoba hasilnya nihil. Saya putuskan fokus menjadi wirausaha. Hasilnya alhamdulillah,” kata pria alumni Unsika.

Pemasaran Lobster sudah mencapai Nasional. Ia pernah mengikuti ekspor, bahkan salah satu perusahaan di Tangerang dengan permintaan ribuan bibit Lobster Aul menyanggupi permintaan tersebut dan menyuplay.

“Pasaran cukup besar peluangnya. Karena masih jarang orang yang membuka usaha Lobster air tawar. Jadi peluang bagi pemuda Karawang sangat terbuka,” ujarnya.

Kini, Aul mempunyai 5 karyawan untuk membantu bisnisnya. Tak hanya menjual bibit Lobster Air Tawar, melainkan Aul membuka juga kuliner Lobster Air Tawar Panggang.

“Lobster air tawar rendah kolesterol, beda dengan Lobster laut. Jadi peminatnya cukup banyak dipasaran,” tambahnya.

Belum lagi setelah pandemi Covid-19 yang permintaan seafood di masyarakat begitu tinggi, sehingga Lobster Air Tawar begitu diminati.

“Memang kemarin saat pandemi omset menurun, karena permintaan di masyarakat berkurang. Tapi sekarang kembali normal lagi,” tambahnya.

Aul berpesan untuk pemuda harus berani mencoba wirausaha dan siap mengambil risiko. Sebab, sukses yang menentukan diri Anda.

“Kami siap membantu bagi yang mau belajar. Untuk pemula modal pertama 500 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah. Untuk membeli bibit dan peralatan kolam. Nanti bisa sharing cara pemeliharaan dan lain sebagainya,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sekolah Sahabat Anak Diterapkan, Begini Manfaatnya

Karawang – Program Sekolah Sahabat Anak di Karawang saat ini ...