Raker Himpunan Alumni IPB Hasilkan Membangun Sinergitas Pertanian di Karawang

Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Alumni IPB Karawang telah mengadakan agenda Rapat Kerja Cabang

Karawang – Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Alumni IPB Karawang telah mengadakan agenda Rapat Kerja Cabang (Rakercab) yang bertema “Sinergi IPB dalam Membangun Pertanian di Kabupaten Karawang. Minggu, (5/12/2021).

Pada agenda rapat tersebut dihadiri oleh pengurus dan anggota yang berjumlah lebih dari 50 orang secara luring dan sebagian lainnya secara daring.

Agenda rapat dibuka oleh Ketua DPC HA IPB Karawang, Ir. Ivan Kuntara dengan menyampaikan potensi Himpunan Alumni IPB yang berada di Karawang tersebar tidak
hanya dalam dunia pertanian saja. Namun, dengan beragam keahlian dan profesi baik
dalam dunia usaha, profesional maupun menjadi struktur aparatur pemerintahan yang saat ini baru terdata sekitar 200 orang.

Ketua DPP HA IPB Ir. Fathan Kamil yang menyampaikan aksi kerja nyata dari para Alumni IPB
seluruh Indonesia. Sedikit banyak memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar dan masyarakat umum lainnya baik di bidang pertanian maupun diluar pertanian.

“Terutama ketika beberapa waktu lalu dalam membantu penggalangan dana dalam penanganan COVID-19,” katanya.

Perwakilan IPB University Prof. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc. F.Trop yang merupakan Wakil Rektor IPB Bidang Internasionalisasi, kerjasama, dan hubungan alumni membeberkan peluang – peluang kerjasama dalam bidang pemanfaatan hasil uji produk–produk pertanian kepada para alumni agar dapat terciptanya hilirisasi produk pertanian.

“Dan juga menambah nilai jual sehingga meningkatkan taraf ekonomi dari sektor pertanian dalam arti luas,” katanya.

Hal tersebut ditanggapi oleh Wakil Bupati Kabupaten Karawang H. Aep
Syaefulloh, SE dalam sambutannya terkait salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten
di bidang pertanian secara khusus.

Pihaknya menyebutkan komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam perlindungan sawah yang saat ini seluas 97,000 hektar. Dimana seluas 87,000 Ha yang sudah dilindungi agar tidak boleh terjadi alih fungsi lahan.

Wakil Bupati menambahkan agar terciptanya hubungan Pemerintah Daerah dengan IPB University dan Himpunan Alumni IPB Karawang dapat tercapai agar akses terhadap pemanfaatan teknologi dapat dirasakan oleh petani di Karawang.

Hasil Rapat Kerja disetujui dalam rapat pleno yang dipimpin oleh Sekretaris DPC HA IPB Karawang Alghienka Defaosandi,SP menjadi beberapa fokus Divisi Kerja yaitu: Divisi Pemberdayaan Alumni, Divisi Hubungan Antar Lembaga dengan rangkaian perencanaan kerja, Divisi Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan dan Divisi Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat yang masing – masing Divisi mempunyai rangkaian rancangan kerja yang siap diimplementasikan selama masa jabatan 2021 – 2025. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...