SMK Muhammadiyah Cikampek Gelar Bina Desa dan Pertunjukan Wayang Golek

Karawang – SMK Muhammadiyah Cikampek menggelar Bina Desa dan pertunjukan wayang golek. Pasalnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan konservator budaya kesenian yang disinergikan dengan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka bina Desa.

Hadir dalam acara tersebut Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karawang, Pengurus Muhammadiyah Cabang Cikampek, organisasi pemuda Muhammadiyah , Kepala sekolah beserta para Dewan Guru SMK 1 Muhammadiyah Cikampek.

Selain dari Pengurus Muhammadiyah hadir, Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kasi Kesenian, Ketua Organisasi Pedalangan Pepadi Provinsi Jawa Barat dan Ketua Pedalangan Kabupaten Karawang.

Acara tersebut diisi dengan penampilan Orkestra SMK Mutu Cikampek yang spektakuler dikolaborasikan dengan Pertunjukan wayang golek dengan tiga dalang muda dari Karawang.
Serta penobatan Duta Pedalangan Kabupaten Karawang kepada Apriyani Siswi SMK 1 Muhammadiyah Cikampek dana Dalang Muda Akmal Nurwenda Siswa SMKN 1 Karawang.

Serta dilakukan pula penandatanganan MOU bina Desa dan bina Budaya antara SMK 1 Muhammadiyah dan tiga Kepala Desa serta Ketua Pedalangan Kabupaten Karawang di bidang budaya.

Dalam sambutannya Kepala Muhammadiyah 1 Cikampek Dede Setiabudi,S.Hut,MM. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan memperkenalkan seni dan budaya sunda.

“Terutama dalam berbahasa sunda karena kalau tidak dibiasakan maka akan mengalami kepunahan. Maka dari itu SMK Mutu Cikampek terus mengembangkan seni budaya, melalui berbagai kegiatan di bidang seni dan budaya,” katanya.

Dede mengaku perlu dukungan dari berbagai pihak terutama dari Bapak ketua DPRD Karawang untuk memfasilitasi peralatan kesenian.

Ketua DPRD Karawang Pendi Anwar, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada jajaran organisasi Muhamadiyah dan SMK 1 Muhammadiyah Cikampek yang peduli terhadap seni dan budaya, terutama seni sunda dan berbahasa Sunda.

Gayung bersambut ketika permintaan yang dilontarkan oleh Kepala SMK 1 Muhammadiyah untuk pengadaan alat kesenian. Maka langsung disanggupi oleh Pendi Anwar selaku Ketua DPR di tahun 2022 di anggaran tambahan.

Pendi Anwar selain ketua DPRD juga selaku ketua BMMK yaitu Badan Musyawarah Karawang dalam upaya pelestarian Kebudayaan.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...