Layanan Masyarakat di Mal Segera Hadir di Rengasdengklok & Cikampek

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat berencana segera membangun dua mal pelayanan publik (MPP).

Saat ini MPP Karawang baru ada satu di Mal Technomart Galuh Mas, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang, Eka Sanata mengatakan dua MPP baru itu direncanakan segera dibangun di wilayah Cikampek dan Rengasdengklok.

“Mamang idelnya dibangun minimal dua lagi, di wilayah Cikampek dan Rengasdengklok. Jadi warga daerah sana dimudahkan engga perlu jauh-jauh,” kata Eka, pada Senin (27/12/2021).

Eka menerangkan, untuk di Cikampek kemungkinan besar akan dibangun di Mal Cikampek. Pasalnya, manajemen Mal Cikampek sudah menawarkan diri ke Pemkab Karawang.

Saat ini pihaknya akan melakukan pembahasan terkait persiapan dan teknisnya.

“Pengembangan terus terang kita sedang lakukan penjajakan dengan Mal Cikampek mereka mengajukan tapi teknisnya masih dibicarakan kita akan bahas. Untuk Rengasdengklok belum,” terang dia.

Eka menilai kehadiran MPP sangat dirasakan manfaatnya. Sebab, masyarakat sangat dimudahkan mendapatkan berbagai pelayanan pemerintah.

Total ada 19 instansi pelayanan di MPP itu, diantaranya Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Bank BJB, Bapenda, DPMPTSP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Kepolisian.

“Sebagian besar bisa dilihat masyarakat dari medsos penilaiannya sangat baik, karena mereka cukup satu kali datang ke tempat itu untuk mengurus pelayanan apapun ada disitu,” kata Eka.

Eka melanjutkan salah satu contoh kemudahan yang didapatkan seperti warga kehilangan KTP. Masyarakat hanya datang ke MPP saja, tidak perlu ke Polres/Polsek dan Dukcapil.

“Sekarang mah tinggal di MPP saja, karena karena layanan polisi ada dan Dukcapil juga ada,” beber dia.

Selain itu, di MPP masyarakat dapat kepastian jadwal dan waktu pelayanan. Sebab, sebelum ke MPP terlebih dahulu daftar melalui online untuk mengambil nomor antrean di website mpp.karawangkab.go.id.

Nanti, masyarakat akan mendapatkan hari dan jam pelayanan.

“Mereka dapat kepastian, datang sesuai jadwal yang ditentukan jadi engga sia-sia,” imbuh dia.

Di MPP Techomart buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Saat ini dalam saru hari ada sekira 1.000 warga yang mendatangi MPP Techomart.

“Lokasinya yang di mal juga membuat warga yang datang bisa sambil bermain-main dulu sambil nunggu jadwalnya,” pungkasnya.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...