Selain Jinakkan Api, Satria Biru Damkar Karawang Operasi Darurat Non Kebakaran

Karawang – Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang. Selain menjinakkan si jago merah, juga lakukan operasi darurat non kebakaran.

Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan, Rohmat menyampaikan, setelah per 1 Januari 2022 lalu, pemadam kebakaran menjadi Bidang di BPBD Kabupaten Karawang, tidak hanya menanggulangi kebakaran saja, damkar juga melakukan operasi darurat non kebakaran untuk masyarakat.

“Operasi darurat tersebut merupakan penyelamatan untuk masyarakat jika membutuhkan pertolongan, mulai dari kelompok masyarakat hingga perorangan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, yang menjadi sasaran penyelamatan operasi darurat non kebakaran ini seperti pengamanan sarang lebah, ular masuk ke rumah warga, penyelamatan hewan peliharaan, pohon tumbang dan juga benda-benda yang sulit terlepas dijari seperti, cincin dan pegas.

“Jika memang keadaannya sudah fatal, kita pun akan arahkan ke pihak yang tepat. Seperti, amit-amit, jari yang sampai membusuk, itukan butuh penanganan khusus, hal seperti itu langsung kita arahkan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih intensif,”ujarnya.

Ditambahkan, jika masyarakat membutuhkan pertolongan darurat non kebakaran bisa menghubungi melalui via telepon dan juga bisa datang langsung ke kantor induk Damkar di Jalan Dewi Sartika, Negasari, Karawang Barat, atau bisa juga ke pos penyelamatan yang berada di 5 titik yakni, di Rengasdengklok, Telagasari, Cilamaya Wetan, Cikampek dan Tegalwaru.

Selain itu, Ia juga menegaskan selalu siap siaga dalam membantu warga, dan diharapkan kepada masyarakat jangan ragu untuk meminta pertolongan atau bantuan terkait kebakaran ataupun bencana alam.

“Kita harus siap dalam dan harus hadir untuk masyarakat. Kita dari teman-teman Damkar Alhamdulillah selalu bersemangat dalam membantu,”pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usulan Penggabungan Dinas Perikanan dan Pertanian Sebagian Besar Internal Pansus Menolak

Karawang – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karawang dengan agenda penetapan ...