Sosialisasi Pedoman Monitoring Centre For Prevention Tahun 2022

Karawang – Sekda Karawang menghadiri sosialisasi pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) tahun 2022 dan Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se-Jabar.

Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri menghadiri acara Sosialisasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) tahun 2022 dan Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se-Jawa Barat di Aula Gedung Sate, Bandung Jabar, Selasa (8/3/2022) pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) dan diikuti seluruh Sekda Kota/Kabupaten se-Jabar. Hadir Perwakilan Kemendagri, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) wilayah 2 Jabar, Sekda Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja.

Perwakilan BPKP Perwakilan Wilayah 2 Jabar, Mulyana mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo pada rapat koordinasi pengawasan intern pada tahun 2021 lalu supaya melakukan pengawalan. Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan BPKP harus mengawal percepatan anggaran sesuai perencanaan. Kedua menjadi tugas APIP dan BPKP mengidentifikasi keterlambatan laporan penyerapan anggaran.

“Penyerapan anggaran di Jabar tidak lebih 86 persen di tahun 2021. Jangan sampai berulang kembali di tahun 2021. Kita cari bersama sama agar penyerapan anggaran di tahun 2022 tidak stagnan,” terangnya.

Mulyana menyampaikan topik tentang MCP dalam Bingkai Pengawasan Intern Pemerintah. MCP meliputi 8 area intervensi yaitu manajemen APIP, optimalisasi pajak daerah, perencanaan dan penganggaran APBD, pelayanan terpadu satu pintu, manajemen ASN, dan pengadaan barang dan jasa, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...