Dua Menteri Jokowi Apresiasi Progres Program Citarum Harum

Fakta Jabar.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Wahyu Sakti Trenggono berkunjung ke Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa 15 Maret 2022.

Mereka berkunjung ke Kabupaten Purwakarta untuk meninjau progres pelaksanaan Program Percepatan, Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.

Dalam kunjungan dua menteri Jokowi itu, didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan pimpinan unsur TNI-Polri.

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, penanganan Citarum Harum perlu sinergitas seluruh pihak supaya program tersebut menghasilkan progres maksimal di setiap waktunya.

“Hasilnya cukup baik dan ada kemajuan berkat dorongan dari semua pihak, di antaranya gubernur, bupati, staf ahli dan lainnya. Termasuk juga Dansektor merupakan pahlawan-pahlawan yang tidak banyak orang tahu,” ucap Luhut dalam sambutanya.

Luhut menjabarkan, seluruh program
Citarum Harum harus ditata dengan baik untuk mencapai target yang diinginkan. Jika dalam prosesnya mengalami persoalan, maka harus diselesaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

“Mengenai keberadaan Keramba Jaring Apung (KJA) bukan tidak boleh, namun harus sesuai dengan daya tampung dari danau itu sendiri. Lebih dari itu mohon maaf, karena enak dikalian tidak enak ke orang lain. Pengaturan ini harus kita sepakati bersama,” tegas Luhut.

Luhut juga mengapresiasi kinerja Menteri KKP dalam penanganan ini, memberikan solusi terhadap persoalan yang ada, termasuk juga gubernur dan bupati.

Ditempat yang sama, Menteri KKP,  Wahyu Sakti Trenggono, menyampaikan Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang melintasi 12 kabupaten/kota mulai hulu di Kabupaten Bandung dan muara di Kabupaten Bekasi.

Ia mengapresiasi dan mensupport program Citarum Harum di Jawa Barat yang di bawah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...