Damkar Karawang Imbau Masyarakat untuk Jangan Main-main dengan Nomor Emergency

Karawang – Kerap dijadikan bahan lelucon atau prank, Markas Komando (Mako) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Karawang imbau masyarakat untuk jangan main-main dengan nomor emergency atau nomor darurat.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Peleton (Danton) 3 Mako Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Karawang, Rudi Suwardi. Sebab, nomor emergency dari pihaknya sering dikerjai dengan adanya laporan palsu atau hoax dari masyarakat yang mengatakan terjadi kebakaran di wilayahnya.

“Kita sempat kena prank, laporannya seperti biasa lewat telpon, dia sebut lokasi sama kebakaran sudah membesar. Tapi sekarang kita sudah tahu, misalkan ada kebakaran di wilayah mana, kita cari teman kita atau telpon ke teman-teman yang ada di Satpol PP kecamatan tersebut dan kami meminta info kebenarannya ke mereka,” ujar dia ketika ditemui di Mako Damkar Karawang, Senin (21/3/2022).

Bahkan, lanjut Rudi, pihaknya pernah tertipu hingga mendatangi langsung ke lokasi, hanya saja ketika tiba di lokasi tidak adanya kejadian kebakaran dari si pelapor.

“Dulu juga sempat pernah tertipu, ada laporan kebakaran, kita biasanya terima telpon lalu kita catat nomor telpon si pelapor itu. Kita sudah sempat ke lokasi dan meminta lokasi tepatnya di mana akan tetapi ketika dihubungi berkali-kali si nomor pelapor tersebut sudah tidak aktif,” kata dia.

“Kalau kita sibuk mencari si orang yang mengerjai kita itu ya buang-buang waktu, buang-buang tenaga, kalau sebagai warga yang baik ya jangan lah sampai mengerjai kita, itu kan bukan nomor sembarangan karena itu nomor emergency, jadi mohon bijak saja,” imbuhnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan nomor emergency. Sebab, nomor tersebut penting dan vital lantaran nomor itu digunakan untuk hal-hal peting jika membutuhkan bantuan.

“Untuk masyarakat khususnya warga Karawang diharapkan untuk bijak dalam menggunakan alat komunikasinya, bukan hanya kepada Damkar saja tapi juga kepada semua instansi yang memiliki nomor emergency atau nomor darurat. Jangan main-main dengan nomor emergency karena itu sifatnya untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPU Karawang Tetapkan 6,5 Dukungan untuk Pencalonan Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Dalam Pilkada Serentak 2024

Karawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang tetapkan syarat ...