Wajib Baca ! Begini Cara Cara Hidup Sehat, Dinkes : Ada Tujuh Poin

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang

Karawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang mengajak masyarakat untuk melakukan upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) demi kehidupan yang baik, dengan memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Untuk Germas ini kita ada 7 langkah yang memang harus kita terapkan. Pertama melakukan aktivitas fisik, setiap hari kurang lebih 30 menit kita harus beraktivitas fisik,” papar dr. Hj. Nurmala Hasanah, MM., ketika ditemui di Kantor Dinkes Kabupaten Karawang, Jumat (25/3/2022).

“Kemudian langkah berikutnya masyarakat untuk tidak merokok, jadi memang agak sulit tetapi kita harus mengingatkan terus kepada masyarakat jangan sampai kita patah semangat, InsyaAllah kita harus mengedukasi dan mengingatkan terus, mudah-mudahan dari yang merokoknya banyak bisa mulai berkurang dan bisa berhenti secara total,” tambahnya.

Selanjutnya, kata dia, masyarakat diharapkan mengonsumsi buah dan sayur. Untuk pemenuhan makanan dengan gizi seimbang bagi kesehatan. Tidak hanya itu, masyarakat juga harus menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah maupun di sekitar lingkungan rumah.

“Lalu bukan hanya kebersihan lingkungan, langkah berikutnya masyarakat juga harus menggunakan jamban yang sehat, diharapkan masyarakat mempunyai gerakan stop buang air besar sembarangan, tidak boleh buang air besar seperti di sawah, kebun, irigasi karena akan menularkan penyakit,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, masyarakat harus mengecek kesehatannya secara berkala, untuk dapat mendeteksi penyakit secara dini.

“Cek kesehatan yang sederhana seperti menimbang berat badan, tinggi badan, juga dapat mengukur lingkar perut, untuk laki-laki normal lingkar perutnya tidak lebih dari 90 cm dan untuk perempuan tidak lebih dari 80 cm, kalau lebih berarti itu sudah mulai kegemukan atau lemak perutnya berlebihan, tentu saja bila terjadi kegemukan akan rentan terkena penyakit, cek juga tekanan darah, gula darah, kolesterol,” ujarnya.

Terakhir, masyarakat diminta untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Sebab, alkohol mempunyai efek buruk terhadap kesehatan hingga efek sosial terhadap sekitarnya.

“Kalau semua itu bisa dilaksanakan mudah-mudahan InsyaAllah masyarakat sehat. Ini merupakan PR kita bersama, bukan hanya Dinas Kesehatan tapi semua pihak harus terlibat dalam memberikan edukasi pada masyarakat bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini adalah sangat penting untuk masyarakat, bahkan merupakan kebutuhan, dan diharapkan masyarakat memulai melakukan perilaku hidup bersih dari dirinya, kemudian keluarganya, lalu lingkungan sekitarnya,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...