Sempat Tertunda 2 Tahun, Kini Bonataon Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Akhirnya Terlaksana

Bonataon Parsadaan Pomparan Toga Sinaga

Karawang – Bonataon Parsadaan Pomparan Toga Sinaga (PPTSB) se-Karawang yang sempat tertunda 2 tahun dikarenakan kondisi pandemi Covid-19, akhirnya pada Minggu (27/3/2022) dapat terlaksana di Istana Kana Cikampek, Kabupaten Karawang.

PPTSB Cabang Karawang saat ini memiliki 9 sektor dengan jumlah 315 KK dengan jumlah 1264 anggota. Acara partagiangan dimulai dengan kebaktian dilanjutkan pesta Bonataon dengan dimulai prosesi kebudayaan adat batak.

Usai acara Bonaton di lanjutkan dengan pelantikan pengurus wilayah Jawa Barat dan pelantikan pengurus Cabang Karawang periode tahun 2022 sampai 2026.

Ketua Umum PPTSB, Mangihut Sinaga menuturkan, PPTSB berawal sebuah paguyuban yang berdiri pada zaman pemerintahan Belanda yang diteken langsung pada tahun 1940. Saat ini dikembangkan menjadi organisasi modern. Dimana dari Aceh hingga Papua terdiri 23 wilayah se-Indonesia,190 Cabang, akan terus berkembang ke akar rumput.

Membentuk pengurus hingga ke sektor-sektor untuk mendeteksi dan mengetahui kondisi keluarga sinaga yang ada ditempat masing-masing.

“Kalau dulu berdiri organisasi ini (PPTSB, red) hanya dalam menjalankan kebudayaan adat istiadat tetapi semenjak tahun 2010 kita kembangkan tidak hanya adat istiadat tapi lebih dari itu, PPTSB bisa menjadi organisasi kemasyarakatan yang harus mampu berbuat lebih banyak lagi dalam kepentingan sosial, baik dilingkungan serta bermitra dengan pemerintah dan masyarakat stempat,” ucap Mangihut dalam sambutannya, Minggu (27/3/2022).

Mangihut juga berpesan kepada para pengurus yang telah dilantik harus berbuat dan berperan aktif pada PPTSB supaya melihat langsung kondisi anggota.

Ketua Panitia Pelantikan, Jhonson Sinaga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh Anggota, Penasehat, Ketua Cabang yang ada diwilayah Jawa Barat yang telah mendukung acara pelantikan PPTSB wilayah Jawa Barat dan Cabang Karawang serta terimakasih kepada Ketua Umum PPTSB yang bisa hasdir langsung melantik pengurus PPTSB wilayah Jawa Barat.

“Kami juga berterimakasih kepada Donatur-donatur yang telah mendukung acara pelantikan sehingga bisa terlaksana dengan sukses,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...