Pusat Belajar Guru untuk Peningkatan Kualitas

Karawang – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh,SE hadir dalam serah terima berkelanjutan pusat belajar guru (PBG) oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) – School Development Outreach kepada Pemerintah Kabupaten Karawang,  bekerja sama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Kamis 14 April 2022.

PSF melalui program Program Penguatan Teacher Learning Center (TLC) di Kabupaten Karawang adalah Inisiasi Sampoerna Untuk Indonesia menyediakan komunitas pembelajaran yang berkesinambungan bagi guru, untuk mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas profesional secara terjangkau melalui pendirian Pusat Belajar Guru di Karawang.

Wabup berharap agar PBG bisa menjadi wadah bagi guru untuk meningkatkan profesionalitas untuk mencetak generasi SDM yang unggul dan berkualitas. Pusat Belajar Guru (PBG) Karawang merupakan institusi pembelajar guru yang dikelola secara mandiri, sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan, oleh guru-guru potensial yang pengelolaannya diawasi oleh Disdikpora Kabupaten Karawang bersama dengan KCD Pendidikan Wilayah IV Jawa Barat.

Sebagai bukti nyata dalam mendukung peningkatan kualitas guru di Karawang, pada tahun pertama dan tahun kedua PSF-SDO telah memberikan 18 pelatihan kepada PBG Karawang mulai dari Workshop Training Need Analysis, Workshop Praktik Fasilitasi, Workshop Pengembangan Modul dengan menghasilkan 3 modul hingga Pelatihan Persiapan Diseminasi.

Setelah mendapatkan pelatihan yang difasilitasi oleh PSF-SDO, dengan berprinsip pada “Dari Guru, Oleh Guru, dan Untuk Guru” PBG Karawang menerapkan ilmu dan pengalamannya dengan melakukan diseminasi kepada guru dan pendidik di Kab Karawang. Dalam waktu 2 tahun total penerima manfaat dari PBG Karawang telah mencapai 5.051 orang yang terdiri dari 2.296 siswa dan 2.755 guru dari 290 sekolah di Kab Karawang. Target ini jauh melampaui perencanaan awal yang berkisar 700 orang. Diharapkan jumlah penerima manfaat akan semakin terus bertambah dengan hadirnya PBG.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...