Dengan Humanis, Polres Purwakarta Kawal Aksi Buruh Di Disnakertrans

PURWAKARTA – Ratusan personil Polres Purwakarta diterjunkan dalam pengamanan aksi ratusan buruh di depan Kantor Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta, pada Kamis, 19 Mei 2022.

Diketahui, aksi buruh tersebut dilakukan untuk menolak pembahasan Raperda ketenagakerjaan dengan draft dari pemerintah daerah yang dianggap mengadopsi omnibus law.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kabag Ops, Kompol Suharto mengatakan untuk menjaga kondisi aman dan kondusif, Polres Purwakarta menurunkan sebanyak 181 personel untuk mengawal aksi buruh dengan humanis.

“Ada sebanyak 181 personel kita siapkan. Dari jumlah personel yang diterjunkan di sejumlah titik untuk mengurai potensi kemacetan,” ungkap Suharto, saat ditemui di Kantor Disnakertrans Kabupaten Purwakarta, pada Kamis, 19 Mei 2022.

Ia menekankan bahwa pengamanan aksi unjuk rasa atau penyampaian pendapat dimuka umum merupakan salah satu pelayanan Polri terhadap masyarakat yang dilaksanakan secara humanis namun tetap tegas agar tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya serta ketertiban umum.

Untuk itu, sambung dia, seluruh personel pengamanan selalu melaksanakan tugas sesuai SOP, Humanis, kedepankan komunikasi namun harus tegas apabila kegiatan unras sudah mengganggu ketertiban umum salah satunya sampai menutup akses jalan raya.

“Sesuai arahan Pak Kapolres Purwakarta, yang kita amankan dalam aksi unjuk rasa atau penyampaian aspirasi adalah fasilitas negara, umum, para peserta aksi unjuk rasa yang hadir maupun masyarakat lainnya yang beraktifitas. Laksanakan tugas sesuai SOP, humanis namun harus tegas apabila aksi tersebut sudah mengganggu ketertiban umum,” ungkapnya.

Suharto menambahkan, Polres Purwakarta bersama-sama dengan TNI dan Pemkab Purwakarta memberikan pelayanan dengan melaksanakan pengamanan serta selalu memberikan himbauan kepada masa unjuk rasa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Ya, personel pengamanan mengimbau kepada massa aksi agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Suharto juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada peserta unjuk rasa karena aksi unras dilakukan dengan tertib dan aman.

“Kami ucapkan terimakasih kepada teman-teman buruh yang sudah melakukan aksi secara damai aman ada kondusif. Trimakasih juga saya ucapkan untuk para personel yang terlibat pengamanan aksi ini, niatkan pelaksanaan tugas untuk ibadah tujuannya untuk kepentingan masyarakat dan ketertiban umum,” pungkasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Terkesan Ekslusif, Ketua PDI Perjuangan Sentil Sikap Cellica Nurrcahadiana

Taufik Ismail, Ketua PDI Perjuangan Karawang – Sekretaris Komisi I ...

%d bloggers like this: