Antisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, Petugas Kepolisian Sidak Penjual Hewan Ternak

Faktajabar.co.id – Hadir di tengah masyarakat, anggota Polsek Klari Polres Karawang , melaksanakan pencegahan Penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki dengan melaksanakan pengecekan terhadap ternak sapi warga pada Rabu 01 Juni 2022.

Langkah pencegahan awal dilaksanakan Pengecekan terhadap ternak warga antisipasi persebaran Penyakit Mulut dan Kuku. Bahwa terkait dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi dan kambing telah dilaksanakan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat. Serta pada saat pemeriksaan sementara ini belum ada indikasi ternak warga yang terjangkit.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai langkah antisipasi jika Terdapat ternak sapi dan kambing terjangkit penyakit mulut dan kuku karena peternak belum mengetahui betul gejala yang diderita hewan ternak. Karena bila ternak terjangkit mengakibatkan menurunnya harga sapi dan kambing. Sehingga hal itu akan menyebabkan kerugian para peternak.

Kapolsek Klari Kompol Hidayat S.H saat di konfirmasi terpisah melalui Aiptu Triyono mengatakan. “Mengantisipasi terjadinya pesebaran PMK Polsek Parang melaksanakan deteksi dini terkait dengan penyakit mulut dan kuku, agar peternak hewan baik besar maupun kecil dapat memahami dampak dari penyakit tersebut,” terangnya.

“Kepada masyarakat, dihimbau untuk melakukan pengecekan Hewan Ternak miliknya guna antisipasi PMK, adapun hal hal yang perlu di perhatikan tentang Gejala Penyakit Mulut Kaki Suhu tinggi dipegang pangkal telinga, Lender di mulut Lepuh di hidung, Lidah menjulur Nafsu makan berkurang, Kaki pincang Luka pada kaki yang berbatasan dengan kuku / luka pada celah kuku /kuku bisa lepas.

Terakhir Aiptu Triyono Memberikan saran ke pemilik 36 ekor sapi agar hewan peliharaannya secara berkala di lakukan pemeriksaan kondisi FISIK kepada mantri/Dokter hewan Dinkes Karawang untuk di ketahui sehat atau terkena penyakit, Bahwa hewan peliharaannya apakah sudah di cek di periksa bahkan di vaksin secara berkala,” pungkasnya.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tegas ! Dishub Bakal Tilang dan Gembok Kendaraan Parkir Liar

KARAWANG – Pemilik kendaraan yang melakukan parkir liar maka akan ...