Info PBB : Ini Syarat Pengurangan Pajak PBB untuk Petani Karawang

Sosialisasikan Peraturan Bupati Karawang Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan bagi Objek Pajak Sawah

Faktajabar.co.id – Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mensosialisasikan Peraturan Bupati Karawang Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan bagi Objek Pajak Sawah.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengungkapkan hingga kini Karawang masih memiliki 94.000 hektar lahan teknis. Namun jika dibandingkan dengan Kabupaten Indramayu yang berpredikat sebagai penghasil padi terbesar di Jawa Barat, maka Karawang masih memiliki harapan mempertahankan predikat sebagai lumbung padi nasional.

“Untuk itu kami membuat regulasi yang berpihak kepada para petani kita dengan tujuan mereka tetap bersemangat dan menjaga lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B). Sehingga kita benar benar bisa mempertahankan Karawang sebagai lumbung padi nasional,” ungkap Bupati usai acara, Selasa (7/6/2022) siang.

Bupati menguraikan sejumlah persoalan yang dihadapi petani di lapangan seperti mulai kenaikan harga gabah sampai kekeringan sawah. Untuk itu, ia mengaku telah menginstruksikan Dinas Pertanian untuk memetakan wilayah mana saja yang diserang hama atau yang mengalami kekeringan.

“Semua sudah diverifikasi dan identifikasi untuk diberikan bantuan. Keinginan kita hanya bagaimana bidang pertanian bisa punya hasil dan bisa bertahan,”ucapnya.

Kepala Bapenda Kabupaten Karawang, Aang Rahmatullah menyampaikan stimulus hingga 100 persen, khusus untuk warga masyarakat Petani Karawang bisa didapatkan. Keringanan ini diberikan untuk Objek Pajak Sawah (Petani Karawang, Red) yang memiliki luas lahan (Bumi) secara akumulatif kurang dari atau sama dengan 10.000 m2 per Wajib Pajak. Dengan besaran NJOP bumi Rp. 27.000 sampai Rp. 82.000 per meter persegi.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...