Mahasiswa UBP Laksanakan Pengabdian Pada Desa Kertajaya

Karawang – Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau biasa disebut dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara Hybrid (Online dan Offline) di Desa Kertajaya Kecamatan Jayakerta selama 1 bulan di mulai pada tanggal 01 Juli 2022.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini di ampu oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Depi Prihamdani, S. S., M. Pd. serta selaku koordinator Kecamatan Jayakerta.

Karawang dikenal sebagai lumbung padi terbesar bukan hanya di Jawa Barat namun dikaca nasional.

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/07/13/jemaah-haji-asal-karawang-meninggal-dunia/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/07/13/42-tim-futsal-merebutkan-trophy-piala-bhayangkara-polres-karawang/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/07/13/waw-rombongan-ini-datang-untuk-tes-kerja-di-perusahaan-karawang/

Mayoritas penduduk Karawang bermata pencaharian sebagai petani baik itu pemilik lahan maupun buruh, selain petani masyarakat kabupaten karawang ada juga yang melakukan kegiatan usaha baik itu usaha mikro maupun makro, khusunya di Desa Kertajaya sebagian masyarakat menjalankan kegiatan usaha, pada saat pandemi Covid-19 hadir. Hal tersebut begitu terasa serta berdampak pada segala sektor salah satunya pelaku usaha.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan Karawang 2022 ini mengusung tema “Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri”dengan tujuan membantu para pelaku UMKM Desa Kertajaya agar lebih berkembang dengan memberikan Inovasi dan dalam menggunakan teknologi digitalisasi sehingga mempunyai jangkauan pasar yang semakin luas.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksakan di Desa Kertajaya Anak-anak saya bisa membantu mengembangkan para pelaku UMKM serta membantu setiap kegiatan yang diadakan oleh pihak Desa serta masyarakat sekitar,”ujar Dosen Pembimbing Lapangan Depi Prihamdani, S. S., M. Pd.

“Iya mudah-mudahan saja kegiatan Kuliah Kerja Nyata teman-teman ini berjalan dengan lancar, jika ada yang perlu dibantu atau ada data yang akan diminta kami siap membantu, justru saya sangat berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa UBP Karawang yang sudah bersedia untuk melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Kertajaya, kegiatan ini sangat membantu sekali untuk perkembangan dan kemajuan Desa khususnya dalam sektor perekonomian di UMKM di desa kami”, sambung Kepala Desa Kertajaya Bapak Saepi Anwar.

Kehadiran dan kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN UBP Karawang 2022 dinilai memberikan dampak positif dan perubahan terhadap warga sekitar khususnya pemilik UMKM Desa Kertajaya terutama dalam system Inovasi dan digitalisasi marketing. Mahasiwa melakukan sosialisai kepada setiap UMKM yang ada di desa kertajaya dengan cara mengunjungi rumah-rumah pemilik UMKM dan memberikan penyuluhan untuk membantu mengembangkan usaha para pelaku UMKM tersebut.

Adapun 2 program kerja wajib yang di berikan Universitas untuk setiap kelompok termasuk kelompok KKN Desa Kertajaya yakni membantu pengisian update Prodeskel dan melakukan pendampingan serta pengembangan kepada UMKM yang ada di Desa Kertajaya dalam upaya meningkatkan Inovasi dan Digitalisasi .

Sejauh ini pengisian prodeskel sudah berjalan dengan didampingi oleh pihak desa dan untuk mengembangkan di Desa Kertajaya dilakukan pendampingan UMKM, mahasiswa KKN telah memilih beberapa UMKM untuk dilakukan pendampingan dan pembinaan yaitu dibidang makanan yang antara lain UMKM pembuatan tempe dan Tahu yang diproduksi oleh Bapak Basir beserta keluarganya serta menciptakan inovasi stik lidah buaya dan kripik lidah buaya yang di damping oleh ketua Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPKKS) Kecamatan Jayakerta dan dibantu oleh ibu-ibu PKK Desa Kertajaya.Saepi Anwar menambahkan, warganya tidak hanya diberikan sosialisasi terhadap perekonomian di era 5.0 seperti sekarang ini, akan tetapi para mahasiswa dapat memberikan arahan untuk membawa perubahan dalam sistem pemasaran UMKM Desa Kertajaya agar lebih berkembang dengan menggunakan teknologi digitalisasi sehingga mempunyai jangkauan pasar yang semakin luas.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...