Simulasi Perang Integritas

Karawang – Dinas Sosial mengikuti kegiatan pelatihan simulasi perang integritas di Desa Cintawargi, Kecamatan Tegalwaru. Keterlibatan bertujuan untuk dapat mengetahui cara mencari daerah aman saat pendirian dapur umum bagi pengungsi. Dani Sonjaya, Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Dinas Sosial memaparkan peran dinas sosial hanya di bagian dapur umum saja.

“Simulasi untuk penanganan pengungsi saat perang. Peran kita di sana bagian dapur umum. Kita akhirnya tau ya cara untuk menentukan lokasi pendirian dapur umum,” ujarnya pada Selasa (30/8/2022).

Ia menambahkan anggota yang diturunkan pun memperoleh ilmu untuk mengatasi rasa panik. Pendirian dapur umum dapat dilakukan di tempat terpisah dari rasa panik masyarakat. Jumlah bahan makanan yang disediakan saat adanya perang bergantung di jumlah korban. Anggota yang ikut hanya berjumlah 5 orang.

“Kita bisa mendirikan dapur umum itu terpisah dari kumpulan masyarakat. Jumlah makanan juga tergantung dari korban yang mengungsi,” tambahnya.

Pemilihan wilayah di kecamatan tersebut, disebabkan daerah sekitar masih aman sebagai tempat berlindung. Selain itu di wilayah sekitar pun masih terdapat hutan. Seluruh anggota yang diturunkan tidak mengalami kesulitan apapun. Ia memiliki harapan agar ke depan dapat melibatkan instansi yang lain. Kemudian dapat dilaksanakan di kecamatan lainnya.

“Di pilih daerah Tegalwaru karena masih dataran tinggi, ada hutan jadi cocok untuk berlindung saat adanya perang. Kendala tidak ada sama sekali, justru anggota sangat antusias. Masyarakat sekitar pun mendukung,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...