PPSI Siapkan Gerakan Silat Asli Karawang

Workshop Festival Seni Budaya Karawang

Karawang – Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Karawang gelar Workshop Festival Seni Budaya Karawang.

Workshop itu membahas Pengenalan Lagu dan Silsilah Pencak Silat, Pencug, Jaipong di wilayah Kabupaten Karawang, pada Jum’at 2 September 2022 di GOR Panatayudha Jalan Ahmad Yani, Karawang. Pemateri workshop Nunu Munajar,S.Sen,M.Hun (pemaparan silsilah Pencug Karawang), Drs Agus Budiman,MPd (pemaparan silsilah Jaipong di Karawang), Budi Setiawan (pengenalan musik).

Wakil Ketua PPSI Karawang, H. Suryana mengatakan, melalui workshop festival seni budaya Karawang bisa mengetahui perbedaannya. Narasumber yang diundang pakar di bidangnya masing-masing. Dari Pencak Silat, Pencug, Jaipong.

“Semoga bisa bermanfaat dan pengetahuan untuk kita semua,” katanya.

Ketua PPSI Karawang, H. Acep Jamhuri menambahkan, dengan kegiatan ini nantinya di kolaborasikan untuk menjadi produk gerakan asli Karawang. Setelah jadi gerakan asli Karawang terus budayakan jangan sampai hilang.

“Awalnya dari gerakan silat, berkembang jadi Pencug, dan tari jaipong. Sekarang bagaimana caranya disatukan jadi gerakan asli Karawang,” pinta Acep.

Paguron di Karawang cukup banyak. Mempunyai gerakan masing-masing. Bila di kolaborasikan menjadi satu gerakan Karawang jadi lebih indah.

“Gerak jurus, rampak, tarung dan lainnya saya harap bisa jadi kas Karawang. Selain gerakan, juga musik pengiring nya kas asli Karawang,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...