Siswa SMA Negeri 4 Karawang Menorehkan Prestasi dalam Bidang Sains

Rizki Zaepani Akbar, Siswa XII SMA Negeri 4 Karawang

Karawang – Rizki Zaepani Akbar, Siswa XII SMA Negeri 4 Karawang menyebutkan ia menyukai dunia sains bermula saat kecil ia pernah melakukan penelitian tentang manfaat tanaman. Salah satu tanaman yang telah diteliti yakni daun balakacida yang dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka. Adapula tanaman pacing untuk obat mata. Ia telah mendapatkan dukungan penuh dari orangtua, bentuk dukungan berupa diberikan bahan dan alat untuk penelitian.

“Waktu saya kecil itu sering melakukan penelitian tentang tanaman. Contohnya seperti daun balakacida yang dibuat untuk obat luka,” ujarnya pada Selasa (27/9/2022).

Saat ini telah menemukan penemuan baru berupa campuran obat balakacida dan tanaman pacing yang di haluskan dengan cara di blender. Kemudian air dari campuran kedua tanaman tersebut dapat digunakan sebagai obat lambung. Penemuan ini ia dapatkan sejak SMP. Selanjutnya ia pun telah melakukan rekayasa genetika pada tanaman bunga kertas.

“Pertama itu campuran tanaman balakcida dan pacing yang dapat di blender kemudian airnya di ambil dan diminum untuk obat lambung. Saya juga sudah rekayasa genetika tanaman bunga kertas, saya tambahkan batang lain yang berbeda warna sehingga satu tanaman bisa memiliki warna yang berbeda,” tambahnya.

Ia mengungkapkan untuk mencari refrensi penelitian membutuhkan waktu selama 3 hingga 4 hari. Selanjutnya membutuhkan 1 minggu untuk mencari bahan dan alat. Penelitian membutuhkan waktu 1 sampai 2 bulan.

“Biasanya untuk mencari refrensi sekitar 3 sampai 4 hari, kemudian mencari bahan dan alat sekitar 1 minggu dan untuk penelitian sendiri selama 1 sampai 2 bulan,” imbuhnya.

Ia telah memperoleh 4 medali emas, 6 perunggu, 5 perak untuk bidang biologi di perlombaan tingkat nasional. Kemudian mendapatkan juara harapan 1 tingkat provinsi. Ia akan mengembangkan lebih lanjut dalam bidang biologi dan fisika.

“Pertama juara olimpiade untuk biologi mendapatkan 4 medali emas, 6 perunggu dan 5 perak. Kemudian untuk provinsi mendapatkan harapan 1,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usulan Penggabungan Dinas Perikanan dan Pertanian Sebagian Besar Internal Pansus Menolak

Karawang – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karawang dengan agenda penetapan ...