Aksi Buruh Menuai Hasil Kesepakatan, Ini Lengkapnya

Karawang – Forum Buruh Karawang dan Serikat Buruh Mandiri Unicorn kembali melakukan aksi unjuk rasa namun kali ini dilakukan di halaman PT Unicorn Handbag Factory yang berlokasi di kawasan KNIC Kabupaten Karawang. Para buruh menuntut apa yang sudah menjadi perjanjian bersama di Dinas Ketenagakerjaan pada tanggal 19 september namun sempat disebut ilegal perjanjian bersama tersebut oleh pihak perusahaan.

Ketua Forum Buruh Karawang Acil mengatakan, pihaknya menuntut bahwa pihak PT. unicorn telah melanggar apa yang menjadi suatu keputusan perjanjian Bersama (PB) yang telah dibuat yang ditengahi Bidang Hubungan Indsutrial Disnakertrans Kabupaten Karawang .

“Hari ini tanggal 29 september 2022 Serikat Buruh Mandiri Unicorn dan Forum Buruh Karawang untuk mengingatkan perusahaan dalam Perjanjian bersama (PB) tersebut diantaranya pekerjakan kembali 10 orang anggota Serikat Buruh Mandiri Unicorn yang tergabung Forum Buruh karawang (FBK),” ucapnya.

Masih Lanju Acil, pihaknya menggelar aksi adalah dalam bentuk reaksi ditengah abay nya pt.unicorn dalam perjanjian bersama (PB). Perusahan terancam pidana dan dicabut izin usaha dalam pelanggaran perjanjian bersama (PB).

“Selama berjam – jam kami menunggu didepan gerbang perusahaan. Alhamdulillah kami dipanggil untuk melakukan mediasi dan menuai hasil apa yang menjadi perjanjian bersama yang telah kita sepakati pada tanggal 19 tersebut,” ujarnya.

Kendati Demikian, buruh yang berjumlah 10 orang akan dipekerjakan kembali pada hari rabu tanggal 5 oktober dengan syarat membawa CV lamaran.

“Alhamdulillah apa yang kita perjuangkan menemukan hasil kesepakatan teman-teman buruh yang 10 orang akan dipekerjakan kembali bersamaan dengan teman-teman buruh lain akan dikontrak selama 3,5 tahun sampai ditentukan oleh pihak PT menjadi karyawan tetap (PKWTT). Namun selama kontrak tidak adanya pemutusan kerja ditengah jalan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usulan Penggabungan Dinas Perikanan dan Pertanian Sebagian Besar Internal Pansus Menolak

Karawang – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karawang dengan agenda penetapan ...