Perlombaan Jumbara Ajang Adu Teknik Siswa PMR se-Karawang

Karawang – Persiapan menjelang perlombaan JUMBARA. Ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 6 Karawang Barat akan mengikuti perlombaan Jumpa Bakti dan Gembira (Jumbara). Reni Mekar Mentari, Ketua ekskul PMR menyampaikan hal yang tersulit dalam materi terletak pada teknik pembuatan tandu dan simpul. Hal ini dikarenakan kedua teknik tersebut memiliki jenis yang banyak.

“Teknik tandu dan membuat simpul itu paling susah karena banyak jenisnya, kalau salah ga akan jadi,” ujarnya.

Ia memaparkan masih terdapat anggota yang memiliki rasa takut terhadap darah dan luka. Ia mengatasi hal tersebut dengan menerapkan pemikiran jika menolong korban menjadi hal utama. Adanya rasa takut anggota dapat menyebabkan pemberian teknik pertolongan pertama menjadi kendala.

“Kalau untuk teknik pertolongan pertama tidak susah, tapi banyak anggota yang punya rasa takut darah dan luka. Saya selalu menerapkan ke anggota kalau kesehatan orang lain itu berharga dan korban menjadi yang utama,” tambahnya.

Sebelum adanya pandemi covid 19, ekskul ini telah meraih prestasi ke 3 di tingkat kabupaten. Persiapan menjelang perlombaan di mulai dari memperpanjang waktu latihan hingga menambahkan materi. Kategori yang akan ikut lomba yakni Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), pembuatan tandu dan tenda. Perlombaan akan berlangsung pada Desember 2022.

“Ada jadwal tambahan waktu ekskul dan menambahkan materi serta pemilihan anggota. Kita ikut 4 kategori perlombaan waktu Jumbara nanti,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...