Pelaku Usaha Bisa Dapatkan Bantuan dari Dinkop dan Disperindag

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Hj. Sri Rahayu Agustina,SH melakukan masa reses I Tahun 2022

Karawang – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Hj. Sri Rahayu Agustina,SH melakukan masa reses I Tahun 2022 di Bintang Alam Desa Telukjambe Kecamatan Telukjambe Timur. Selasa, 1 Nopember 2022.

Reses itu menghadirkan Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM dan Bidang Industri Disperindag untuk menyampaikan program UMKM kepada masyarakat. Dengan peserta dari tokoh masyarakat, perangkat desa, pelaku usaha melakukan dialog UMKM.

Hj Sri Rahayu Agustina,SH mengatakan, reses ini menggandeng Dinkop UKM dan Disperindag untuk menyampaikan bantuan dari pemerintah bagi pelaku UKM di Karawang.
“Kita menggandeng dinas terkait untuk menyampaikan informasi UKM. Sekarang ini pemerintah sedang menggaungkan bantuan untuk pelaku usaha di masyarakat,” kata Mak Sri.

Kata dia, peluang ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan dinas. “Pelaku usaha bisa konsultasi dan komunikasi, apa yang perlu dibantu dan dipersiapkan. Tujuannya untuk pengembangan dan mejuan usaha masyarakat,” ujarnya.
Sekretaris Dinkop UKM Karawang, Amid Mulyana,SE mengatakan,dinas menganggarkan bantuan untuk pelaku usaha masyarakat. Namun, bantuan itu tidak berupa modal. “Bantuan berupa barang atau legalitas usaha. Seperti sertifikat halal, perizinan dan lain sebagainya,” kata Amid.

Sekarang ini, lanjutnya, usaha masyarakat sudah banyak dibantu pemerintah hingga pruduk masuk ke Alfamart, Indomart dan Mal. Hal ini berkat kerjasama semua pihak hingga pemasaran usaha masyarakat bisa masuk pasar modern.

“Kita sudah ada pengarahan untuk pelaku usaha. Oleh karenanya, pelaku usaha bisa mengajukan bantuan ke dinas,” ujarnya.
Tak jauh beda dari bidang perencanaan industry Diperindag, H.Adang. Menurutnya, dinas pun memberikan bantuan berupa alat. Misalnya kelompok usaha ini membutuhkan mesin jahit, kemudian mengajukan bantuan berupa alat pada Disperindag.

“Kita akan bantu usulan dari masyarakat selama memenuhi syarat,” katanya.
Perwakilan Desa Telukjambe, H. Mahrus Hanafi menyambut baik kedatangan wakil rakyat dari fraksi Golkar tersebut ke lingkungan Bintang Alam.

“Terimakasih atas kedahiran ibu dewan ke Bintang Alam, suatu kebanggaan bagi kami bisa kedatangan bu Sri Rahayu,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...