Kang Emil Titip Pesan Jaga Kondusifitas, Tokoh Agama Berikan Ceramah Mendamaikan

Karawang – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
meminta tokoh agama di Kabupaten Karawang agar bisa terus memberikan pencerahan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya perpecahan yang bisa menganggu iklim kondusifitas.

“Para tokoh agama harus ikut menjaga perdamaian dengan cara memberikan ceramah ceramah menyejukan kepada para jamaahnya. Mungkin jika muslim, disela sela belajar hadist dan Qur’an bisa diselipkan soal makna berlomba lomba berbuat kebaikan,” ungkap Gubenur saat acara Silaturahmi dengan Para Tokoh dan Pemuka Agama Karawang, Rabu (16/11/2022) pagi di Aula Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Karawang.

Gubernur menyebut tahun tahun politik yang kian dekat terkadang bisa menimbulkan efek perpecahan di masyarakat. Pesta demokrasi yang tidak didasari dengan kesadaran bernegara yang baik, rawan terhadap permusuhan. Maka dari itu, ceramah ceramah menyejukan dari tokoh agama penting dilakukan.

“Kalau kita bertengkar terus tentu banyak hal yang sangat dirugikan. Padahal jika bisa kita sadari bersama, anggaplah pesta demokrasi itu seperti pesta olahraga. Boleh saling mencari strategi. Saling smash. Setelahnya bisa berteman dan ngopi bareng. Maka saya wanti wanti kepada semua tokoh agama, saya titip ceramah kajianya melembutkan hati jamaah yang ada dalam wilayah dakwahnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, negara negara dunia mengapresiasi Indonesia dengan kondisi ekonominya saat ini. Indonesia menduduki peringkat ke-16 dunia sebagai negara yang memiliki kondisi ekonomi yang baik. Keadaan sosial politik di Indonesia bisa mempengaruhi ranking ekonomi dunia. Ada tiga faktor yang bisa menggagalkan Indonesia meraih Indonesia Emas di 2045 mendatang.

“Jangan bertengkar terus hanya karena beda pilihan. Itu faktor pertama. Kedua, mulai menerapkan ekonomi kekinian, yakni ekonomi digital. Ketiga peningkatan kualitas sumber daya manusia,” terangnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...