Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku PKL di Lataz Farm Karawang

Karawang – Sejumlah mahasiswa Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku melangsungkan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di KNPI Karawang.

PKL mahasiswa itu ditempatkan di Lataz Farm Karawang. Sebab, pemilik Lataz Farm merupakan pengurus KNPI Karawang.

Aulia Azfar Mucharamsyah, mengatakan PKL yang diselenggarakan oleh Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku khususnya Program Studi Budidaya Ikan (BDI) di Lataz Farm Karawang merupakan sarana yang tepat untuk memberikan pengalaman nyata bagi para taruna/i.

“Program yang wajib dilaksanakan oleh taruna/i ini bertujuan untuk memperoleh gambaran serta pengalaman secara lebih komprehensif mengenai dunia kerja. Sekaligus memberikan kesempatan kepada taruna/i untuk mengaplikasikan teori dan praktik di lapangan sesuai dengan kebutuhan,” kata Aul pengurus KNPI Karawang.

Menurutnya, program tersebut pun memberi kompetensi pada taruna/i untuk lebih mengenal, mengetahui, dan berlatih menganalisis kondisi lingkungan dunia kerja. Tentu ini merupakan salah satu bentuk upaya yang tepat untuk dilakukan dalam mempersiapkan taruna/i sebelum memasuki dunia kerja.

“Tujuan pelaksanaan praktek kerja lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan di lapangan, pengalaman secara langsung dan mengetahui masalah yang timbul dalam teknik budidaya lobster air tawar di lataz farm Karawang,” katanya.

Lanjutnya, Budidaya lobster air tawar mulai menarik minat generasi milenial khususnya di Kabupaten Karawang Sebab komoditas pasar untuk budidaya lobster air tawar dinilai masih terbuka lebar. Sampai saat inipun permintaan pasar tinggi, namun pembudidayaan yang masih sedikit.

“Dalam kesempatan kali ini yang sangat istimewa, saya menerima tawaran para taruna/i Politeknik KP Maluku untuk PKL di Lataz Farm Karawang selama 6 bulan. Disini nanti akan saya berikan semua edukasi mengenai Budidaya Lobster Air Tawar.
Ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa,” ujarnya.

“Saya pribadi sangat mengapresiasikan kedatangan para taruna/i ini untuk PKL karena ini bukan untuk bermain, tapi untuk belajar dengan memiliki niat dan tekad yang kuat datang jauh-jauh dari luar pulau untuk mencari ilmu di Lataz Farm
Ini adalah salah satu contoh untuk memotivasi khususnya para pemuda/i Indonesia untuk terjun di dunia perikanan,” tambahnya.

Kedepannya, kata Aul, hasil dari PKL ia mengharapkan mampu menciptakan sistem atau konsep-konsep baru dalam dunia perikanan dan kelautan, ataupun menciptakan teknologi baru sehingga mampu memaksimalkan produktivitas meskipun dengan lahan yang minim.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada ketua DPD KNPI Karawang yang telah menyepakati kolaborasi dengan Lataz Farm untuk pelaksanaan PKL dari Politeknik KP Maluku agar pelaksanaan PKL ini berjalan dengan lancar sehingga dengan harapan ketika selesai nanti
kita bisa menciptakan sebuah teknologi inovasi yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat luas khususnya para pemuda/i yang ada di Indonesia dan
para taruna/i bisa memberikan dampak positif juga memotivasi para pemuda yang ada di indonesia timur untuk budidaya lobster air tawar,” pungkas Aulia Azfar Mucharamsyah selaku pemilik dari Lataz Farm dan juga sebagai Wakil Sekretaris Bidang Perikanan DPD KNPI Karawang.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...