Antisipasi Pohon Tumbang, Damkar Karawang Lakukan Giat Pemotongan Pohon

Karawang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang melalui Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan lakukan giat pemotongan pohon untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.

Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan pada BPBD Kabupaten Karawang, Rohmat menuturkan, per hari ini, Senin (19/12/2022) pihaknya melakukan pemotongan pohon untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang di Kampung Budaya, Wadas, Telukjambe Timur.

“Kami membantu karena semalam di sini belum terjamah, karena kan semalem di sini aman, tapi kita lakukan karena banyak kabel yang takutnya bisa berbahaya bagi warga. Kemudian yang krusial itu di jalan raya perumnas ada dua titik yang dekat bundaran sebelah kiri, tidak tahunya ada yang lebih parah di sebelah kanan ada tiang listrik beton yang sampe putus untungnya tertahan sama tiang tiang dan kabel,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hal tersebut lantaran adanya angin kencang disertai hujan yang membuat sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi di Kabupaten Karawang.

“Kemarin ada di jalan baru kita evakuasi juga pohon tumbang sama di daerah Gorowong, kalau mungkin yang di evakuasi kami tidak sampai ratusan cuman dari yang terdampak banyak,” ujarnya.

Pasukan yang dikerahkan selama proses evakuasi pohon tumbang ini, kata Rohmat, pihaknya telah menerjunkan dua tim regu yang masing-masingnya sebanyak 10 orang. Pemotongan tersebut dilakukan dan terfokus pada jalur-jalur lalu lintas yang dilalui banyak kendaraan.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Karawang untuk tetap waspada pada cuaca yang terjadi saat ini dan mengajak kepada masyarakat untuk bisa mengetahui jenis-jenis bencana alam.

“Himbauannya untuk keluarga yang ada pohon-pohon besar yang ada di wilayahnya agar berperan aktif, bisa memotong dahan-dahan atau potong pohon yang rawan tumbang. Juga pemerintah desanya bisa mengajak para warga untuk bisa gotong royong seperti kerja bakti dalam memotong pohon-pohon besar untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...