Pindo Deli Karawang dan SPEAK Indonesia Dukung Deklarasi Desa Kutamekar sebagai Desa Bebas BAB Sembarangan

Deklarasi Desa Kutamekar sebagai Desa Bebas BAB Sembarangan

Karawang – Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang dideklarasikan sebagai desa ODF (open defecation free) atau desa yang terbebas dari buang air besar (BAB) sembarangan.

Deklarasi berdasarkan hasil verifikasi Pemerintah Kecamatan Ciampel dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang melalui puskesmas setempat.

Kegiatan deklarasi juga didukung Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang dengan SPEAK Indonesia bersama warga desa setempat.

Head of Sustainability Compliance APP Sinar Mas, Sera Noviany mengatakan, kehadiran pihaknya merupakan bagian dari wujud tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung pemerintah, sekaligus berkontribusi pada kemajuan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs) no 6, yakni akses air bersih dan sanitasi.

“Kolaborasi antara pihak swasta, pemerintah, LSM dan partisipasi aktif masyarakat merupakan faktor kunci keberhasilan meningkatnya kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan air bersih, sanitasi dan kesadaran masyarakat agar menggunakan sarana sanitasi yang layak,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12).

Sera menjelaskan, dukungan ini juga sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030, yakni APP Sinar Mas bersama mitra-mitra pemasoknya memberikan dampak positif bagi para pemangku kepentingan di seluruh bisnis dan rantai pasok APP Sinar Mas, termasuk masyarakat di sekitar wilayah operasional kami.

Hal ini juga merupakan perwujudan komitmen CEO Water Mandate-United Nation (PBB).

Ia mengungkapkan, pogram penyediaan air bersih dan sanitasi di Desa Kutamekar telah dimulai pada Agustus 2021 lalu yang terdiri dari berbagai program dalam lingkup STBM (Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat).

“Yakni meliputi sarana air bersih, penyediaan jamban untuk keluarga dan tempat umum, edukasi ke masyarakat, serta membangun kapasitas di tengah masyarakat,” sebut Sera.

Bangun 2 Sarana Air Bersih dan 38 Septic Tank
Dalam waktu 1,5 tahun itu, SPEAK Indonesia sebagai mitra APP Sinar Mas dan PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang telah melaksanakan kegiatan bersama Pemerintah Desa Kutamekar serta dukungan dari berbagai pihak.

“Hasil program pemberdayaan masyarakat tersebut telah terbangun 2 sarana air bersih di Kampung Gintung dan Kampung Cigempol,” ucapnya.

Selain itu, dari hasil pemicuan STBM telah berdampak pada kesadaran masyarakat untuk membangun dan memperbaiki sarana jamban sehat, serta memberikan stimulan sanitasi jamban sehat berserta septic tank 38 unit yang tersebar di Kampung Mekarmukti, Sumur Kopo, Cirinjing dan Kampung Cigempol, khususnya kepada keluarga yang tidak mampu.

Wiwit Heris Direktur SPEAK Indonesia menegaskan, bahwa kerja keras bersama dengan semangat kolaborasi sejak awal dengan masyarakat, Tim STBM Kutamekar.

“Dukungan Kepala Desa serta mitra swasta PT, Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang – APP Sinar Mas, menjadi kunci keberhasilan dan keberlanjutan program. Dengan air bersih dan sanitasi aman, keluarga lebih sehat dan bermartabat,” tutupnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Mengabdi Terhadap Tanah Kelahiran, Yana Suyatna Resmi Daftar Calon Bupati Karawang

Karawang – Menuju pilkada 2024 semaki ramai bacalon bupati Karawang ...