Call Center ‘Halo UMKM Karawang’ untuk para pelaku UMKM Dapatkan Bantuan dan Pendampingan

dr.Cellica Nurrachadiana, Bupati Kabupaten Karawang melaksanakan monitoring ke beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Karawang – Monitoring UMKM di kabupaten Karawang untuk memastikan bantuan telah tepat sasaran.

Kamis (5/1/2023) dr.Cellica Nurrachadiana, Bupati Kabupaten Karawang melaksanakan monitoring ke beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan program pemberdayaan dan bantuan dari Dinas Koperasi telah tepat sasaran.

Ia memaparkan salah satu UMKM yang sudah dikunjungi mengaku mengalami peningkatan omset penjualan setelah mendapatkan pembinaan.

“Saya bertemu dengan Teh Usnawiati owner dari Rempeyek Nok Uus di Bakan Jati Adiarsa Timur. produk peyek kacang tanah yang ia jual sejak 2014 ini terus mengalami kenaikan omzet setelah ada bantuan dan pembinaan dari pemerintah,” ujarnya

Selain melakukan kunjungan di Adiarsa Timur, ia pun monitoring di UMKM Akar Kalapa Dua Puteri di Perumahan Karaba. Ia melanjutkan akan memberikan bantuan berupa alat cetak dan mixer. Hal ini agar pelaku UMKM dapat meningkatkan jumlah produksi.

“Permintaan dari Teh Dahliana tadi ingin mixer dan alat cetak, insyallah secepatnya akan kami penuhi. Namun bentuknya tidak berupa uang, tapi barang. Bisa berupa oven, mesin giling, mixer atau barang apapun yang berguna untuk meningkatkan produksi,” imbuhnya.

Usnawati, owner Rempeyek Nok Uus menyampaikan saat ini produk telah berhasil dipasarkan di 70 minimarket. Ia melanjutkan pendapatan yang diperoleh saat ini sebesar 12 hingga 14 juta. Sebelum mendapatkan pembinaan, ia hanya memperoleh pendapatan sebesar 3 sampai 4 juta dalam satu bulan.

“Alhamdulillah sekarang saya bisa dapat 12 sampai 14 juta per bulan pasca ikut program pemerintah,” ungkapnya.

Rochman Hadi, Kepala Dinas Koperasi menyampaikan bagi pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan maka dapat disampaikan pada saat rapat minggon di setiap kecamatan. Selanjutnya dapat mendaftarkan diri dan membuat proposal permintaan bantuan. Ia pun menyampaikan akan membuat call center khusus bagi pelaku UMKM.

“Rencana kita juga akan membuat Call Center ‘Halo UMKM Karawang’ untuk para pelaku UMKM mendapatkan bantuan dan pendampingan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...