Horizon Karawang Gelar Lomba Bahasa Inggris Tingkat SMA

Kampus Horizon Karawang menggelar Horizon Karawang Inter School English Competition,


Karawang – Kampus Horizon Karawang menggelar Horizon Karawang Inter School English Competition, pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 lalu, yaitu lomba bahasa Inggris untuk kategori Group Poetry Visualization yang diikuti oleh sejumlah sekolah tingkat menengah atas baik SMA, SMK, maupun MA di Karawang.

“Horizon Karawang Inter School English Competition ini diadakan untuk memfasilitasi para siswa tingkat sekolah menengah atas di Karawang dalam mengaktualisasikan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris,” ujar Tegar Silalahi, Sales & Marketing Supervisor, Horizon Karawang.

Sekaligus didasari kepedulian Horizon Karawang yang percaya bahwa kehidupan lebih baik dapat dicapai lewat pendidikan. Terlebih lagi, “Saat ini banyak sekali perusahaan dengan kriteria penerimaan karyawan fasih berbahasa Inggris. Maka kami mendorong teman-teman untuk dapat berbicara dengan bahasa Inggris,” papar Ahmad Najib Mutawally, M.Hum., dosen Horizon Karawang yang menjadi salah satu juri dalam lomba tersebut.

Kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu cara Horizon Karawang untuk membentuk manusia Indonesia yang berdaya saing secara global lewat apa yang disebut GWEP (Global Workplace English Program) sehingga tercipta kampus dengan ‘English-immersive environment’. Horizon Karawang yang menyediakan pendidikan IT (S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi), kesehatan (S1 Keperawatan, Profesi Ners, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan), dan Ekonomi/Bisnis (S1 Manajemen dan S1 Akuntansi) kini sedang mengajukan aplikasi untuk menjadi Universitas kepada DIKTI.

Ahmad menjelaskan, GWEP terdiri dari 100 menit teori dan 100 menit praktik. Sehingga tidak hanya teori dalam kelas, namun para mahasiwa harus mempraktikkan penggunaan bahasa Inggris dalam lingkungan kampus.

“Setelah mempelajari GWEP di Horizon Karawang, para mahasiswa kami diharapkan akan dapat fasih berbahasa Inggris untuk jejang karir yang lebih baik lagi,” kata Ahmad lebih lanjut via akun media sosial Horizon Karawang.


Para peserta Horizon Karawang Inter School English Competition ini ternyata cukup antusias dalam mengikuti lomba. Bahkan mereka juga telah menyiapkan kostum dan properti untuk mendukung penampilan mereka di atas penggung lomba sehingga ketiga orang dewan juri dari program GWEP Horizon Karawang harus benar-benar cermat dalam penilaian.

Setelah melewati proses penjurian, maka mereka yang terpilih sebagai juara adalah SMAN 1 Pedes sebagai juara pertama, SMAN 1 Telukjambe Barat sebagai juara kedua, dan MAN 2 Karawang sebagai juara ketiga. Selain piagam, para pemenang juga berhak atas hadiah total senilai Rp 1,5 juta.

Menyadari bahwa di masa depan banyak sekali perusahaan yang mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usulan Penggabungan Dinas Perikanan dan Pertanian Sebagian Besar Internal Pansus Menolak

Karawang – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karawang dengan agenda penetapan ...