Vaksinasi Booster Dosis ke 2 Gratis !

dr.Yayuk Sri Rahayu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Karawang

Karawang – Vaksinasi booster dosis ke 2 tidak dipungut biaya apapun.

Vaksinasi booster dosis ke 2 di Kabupaten Karawang hingga saat ini masih tetap dilakukan. Yayuk Sri Rahayu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Karawang menyampaikan pemberian vaksin tersebut untuk masyarakat tidak dipungut biaya apapun. Ia melanjutkan masyarakat dapat memperoleh vaksin booster ke 2 di Mall Pelayanan Publik (MPP).

“Vaksin Covid 19 untuk dosis 1 dan 2 sampai sekarang ini masih gratis, tidak benar ketika harus membayar untuk vaksin,” ujarnya pada Rabu (15/2/2023).

Ia menambahkan ketersediaan vaksin masih tersedia sebanyak 150 vial. Stock tesebut terdiri dari 15 jenis pfizer dan 10 jenis sivivax. Kemudian ia pun telah mengajukan kembali ketersediaan vaksin kepada Kementrian Kesehatan. Ia belum dapat menyebutkan jumlah penyerapan masyarakat yang telah memperoleh vaksinasi.

“Kalau ketersediaan vaksin sampai saat ini untuk di pelayanan kesehatan ada 150 vial, 15 jenis pfizer dan 10 sivivax. Serapannya nanti saya kirimkan karena belum di rekap,” tambahnya.

Ia menyebutkan masih terdapat masyarakat yang memaksa untuk diberikan sertifikat vaksinasi meskipun jangka waktu pemberian vaksin belum sesuai. Ia menghimbau kepada masyarakat agar untuk tetap mengikuti regulasi jangka waktu pemberian vaksinasi.

“Sekarang untuk kegiatan berpergian, melamar pekerjaan sedangkan pemberian vaksin terdapat jangka waktunya. Masyarakat memaksa meminta diberikan vaksin padahal belum waktunya,” imbuhnya.

Ia pun telah memberikan arahan kepada seluruh kepala puskesmas di Karawang untuk memberikan edukasi dan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan regulasi. Ia menuturkan dalam 1 hari dapat diberikan 200 dosis vaksin. Pemberian vaksin booster hanya dapat dilaksanakan di MPP.

“Tadi waktu rapat dengan kepala puskesmas untuk memberikan pelayanan sesuai ketersediaan vaksin dan edukasi kepada masyarakat sesuai dengan regulasi yang ada,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...