Kunjungan Anak Usia Dini ke Pemadam Kebakaran

Karawang – Pemberian edukasi terkait profesi petugas pemadam kebakaran kepada anak usia dini dengan menggunakan metode film kartun

Sayen, ST Danton I Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang menyatakan pemberian kunjungan bagi anak-anak sekolah bertujuan agar memberikan pengenalan profesi petugas kebakaran. Ia melanjutkan hampir setiap hari terdapat kunjungan dari Taman Kanak-Kanak, PAUD dan BIMBA di Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Yudha Brama Jaya. Saat kunjungan telah diberikan pengenalan dasar dengan menggunakan metode yang menyenangkan

“Perlu diketahui bahwa ini bukan program kita, melainkan kunjungan studi profesi dari sekolah-sekolah. Sehari kadang 2 sift, melayani 2 sekolah. Dipandu oleh tim kami, anak-anak dapat pembelajaran kelas sama praktik lapangan,” ujarnya Rabu (22/2/2023).

Metode yang diberikan berupa pemberian kartun gajah kecil yang memiliki profesi sebagai pemadam api. Selain itu ia pun memberikan pengenalan terkait alat-alat pemadaman. Selanjutnya diberikan praktek secara langsung pula kepada para siswa.

“Nonton film kartun gajah kecil pemadam api, terus dikenali alat-alat pemadam ada apa aja. Baru peragaan (praktek lapangan). Kita jadi enggak perlu repot-repot keliling sosialisasi ke sekolah, anak-anak juga seneng,” tambahnya.

Ia menyatakan kunjungan ini pun diminati oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karawang. Hal ini terlihat adanya permintaan penggabungan kunjungan. Ia memaparkan pihak BNNK pun ingin memberikan edukasi terkait narkotika kepada anak usia dini. Kunjungan yang dilakukan tersebut tidak dipungut biaya apapun.

“Karena kunjungannya ramai, BNN sampe minta gabung, ingin menyelipkan edukasi terkait narkotika kepada anak-anak usia dini. Mereka kan biasanya lebih bisa nyerna lewat peragaan, sosialisasi pun kita suguhkan kartun,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...