LSM Lodaya Launching Jaipong Kreasi ‘Nyi Ronggeng’

Karawang – Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lodaya Puragabaya Indonesia menggelar acara Launching Jaipong Kreasi ‘Nyi Ronggeng’ di Kantor Sekretariat Lodaya Puragabaya Indonesia, Kompleks The Gloria Festival Blok B No 16 Desa Purwadana Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawamg. Jumat,(24/2/2023)

Pada pergelaran acara tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, jajaran Dewan Pakar, serta ratusan seniman serta budayawan di Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, Ketua Lsm Lodaya Karawang, Nace Permana menyampaikan bahwa ‘Nyi Ronggeng’ merupakan sebuah lagu yang memiliki arti makna sebuah semangat perjuangan.

“Jadi, bukan tentang geal-geol atau melenggang-lenggong. Lagu ini memiliki arti makna sebuah seruan penyemangat perjuangan bagi para pejuang melawan penjajah khususnya di Karawang,” ungkap Nace.

Sebab menurutnya, sentimen negatif tentang goyang karawang yang menjadi icon Karawang harus diluruskan. Dan lagu ‘Nyi Ronggeng’ ini, masih kata Nace, mengisahkan tentang hadirnya nyai ronggeng yang bergabung dengan laskar pejuang memberikan kontribusi atas perjuangan melawan penjajah.

“Nah ini, kita tuangkan semuanya tentang Nyi Ronggeng didalam lagu ini. jadi enggak sembarang orang ngomong atau menceritakan kisah Nyi Ronggeng itu seperti apa,” jelasnya

Dikatakan Nace, pihaknya akan menyebarluaskan lagu ‘Nyi Ronggeng’ ciptaannya ini dan akan selalu menyisipkan lagu tersebut didalam event kebudayaan serta kesenian yang dibuatnya. “Akan kita buat perlombaan untuk cover tari lagu Nyi Ronggeng ini yang hadiahnya ratusan juta,” katanya

Dan pada kesempatan itu juga Nace mengumumkan bahwa pihaknya akan membuat event kesenian dan kebudayaan tingkat Internasional di Kabupaten Karawang yang akan melibatkan ribuan seniman serta budayawan baik di Indonesia maupun di kanca Internasional.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri dalam sambutannya mengapresiasi Nace karena telah berhasil membuat lagu ‘Nyi Ronggeng’.

“Semoga lagu ini bisa membooming sampai ke manca negara dan bisa merubah sentimen negatif masyarakat luar tentang icon goyang karawang,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usulan Penggabungan Dinas Perikanan dan Pertanian Sebagian Besar Internal Pansus Menolak

Karawang – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karawang dengan agenda penetapan ...