TNI dan Polri Gelar Festival Goyang Karawang

Bentuk sinergisitas TNI-Polri, Kodim 0604 dan Polres Karawang

Karawang – Bentuk sinergisitas TNI-Polri, Kodim 0604 dan Polres Karawang bersama Forkopimda Karawang menggelar ‘Festival Goyang Karawang’ di Lapang Street Karnival Galuh Mas Karawang, Sabtu (25/02/2023).

Festival ini diisi oleh penampilan Goyang Karawang dan Seniman Budayawan Karawang. Bukan hanya itu festival ini menghadirkan salah satu artis ibu kota, Entis Sutisna atau Kang Sule.

Dikatakan Komandan Korem 063 Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Dany Rakca Andalasawan, Festival ini digelar sebagaimana perintah Presiden RI, Joko Widodo menumbuhkembangkan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

“Malam hari ini saya bersama dengan Forkompinda mengapresiasi kegiatan yang telah dikemas secara sinergi antara Pemerintah Kabupaten Karawang yang dipimpin oleh ibu Bupati khusus jajarannya bersama dengan teman-teman dari Polres dan Kodim, beserta satuan-satuan ini sangat baik, dimana di saat-saat setelah Pandemi, sesuai dengan arahan bapak Presiden RI, Bapak Joko Widodo, kita semua secara peduli secara sadar mendorong mengembangkan potensi ekonomi,” ucap Danrem saat jumpa pers.

Ia juga menambahkan menurutnya Festival ini dalam bentuk membantu UMKM dan mengembangkan kebudayaan di Karawang, seperti ‘Goyang Karawang’.

“Dengan kegiatan ini ada beberapa UMKM, ada kegiatan budaya, ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya edukatif dapat lebih menggairahkan untuk menumbuhkan perekonomian khususnya Kabupaten Karawang lebih baik dan lebih maju lagi, dan mudah-mudahan juga lebih memberikan kepedulian kita untuk mengembangkan budaya goyang Karawang yang sebagai ciri khas, yang sangat saya hormati khususnya di Daerah Jawa Barat,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kapolres Karawang, AKBP Whirdhanto Hadicaksono menambahkan, Festival Goyang Karawang ini merupakan kegiatan pemulihan ekonomi dan budaya yang sudah dicabut status PPKM-nya sejak Bulan Desember 2022 dari Pemerintah Kabupaten melalui Disperindag Karawang.

“Untuk bisa lebih mengedepankan UMKM termasuk PKL yang nanti akan ada di pesta rakyat ini. Jadi kedepannya kita berharap stabilitas ekonomi dapat terwujud di tahun 2023. Ini sebagaimana disampaikan Bapak Presiden beberapa waktu yang lalu bahwa tantangan ekonomi global khususnya di tahun 2023,” ujar Kapolres.

Masih lanjut Kapolres, ada sekitar 44 UMKM binaan Dinas Koperasi Karawang dan lebih dari 50 pedagang kaki lima (PKL) menjajakan dagangannya dalam gelaran Festival Goyang Karawang ini.

“Total UMKM ada 44 UMKM di bawah binaan dari Dinas Koperasi Indonesia Kabupaten Karawang. Kemudian untuk PKL-nya, ini ada sekitar 50 sampai dengan 60 PKL,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPU Karawang Tetapkan 6,5 Dukungan untuk Pencalonan Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Dalam Pilkada Serentak 2024

Karawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang tetapkan syarat ...