Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir, Petani di Desa Parakanmulya Kecamatan Tirtamulya Terancam Gagal Panen

Karawang – Banjir yang melanda pesawahan petani, di Desa Parakanmulya, Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang, pada Senin (27/2/2023) pagi. Tak hanya merendam halaman rumah warga dan menutup akses jalan penghubung di dua dusun, dusun Pasir Resik dan Pasir Hegar, akan tetapi juga merendam lahan pesawahan warga.

Genangan banjir sampai menutupi tanaman padi warga, sehingga membuat petani khawatir akan mengalami gagal panen. Terlebih tanaman padi tinggal menunggu beberapa minggu sudah siap masa panen.

Hasan Nudin salah satu petani Sekaligus Rt di wilayahnya mengaku hampir Setengah Bahu atau 3100 Meter tanaman padi miliknya terendam banjir.

“Punya saya hampir Setengah Bahu tak terlihat akibat genangan banjir. Padahal waktu dekat ini sudah siap panen,” ujar Hasan Nudin.

Lanjut Hasan, pihaknya menuturkan banjir yang menggenangi padi sawahnya tersebut dampak dari hujan lebat yang terjadi pada Senin (27/2/2023) mulai pukul 09.00 WIB. Ia juga berharap, agar tanaman padi miliknya masih bisa tumbuh dan bisa dipanen.

Terpisah Sekertaris Desa Parakan Mulya Hadi Suryana membeberkan, banjir di Wilayah Desa Parakan Mulya tersebut menyebabkan Puluhan Hektar Sawah milik warga Kampung Babakan Pasirmalang, di dua dusun tersebut yaitu Dusun Pasir resik dan Pasir Hegar, terdampak.

Ketinggian air yang diperkirakan setinggi lutut orang dewasa itu tidak hanya merendam Akses jalan penghubung, namun juga tanaman padi petani.

“Korban jiwa tidak ada. Untuk material banyak sawah warga sudah siap panen terendam,” jelas Hadi suryana.

Dia menyebut, banjir itu disebabkan hujan deras dengan durasi yang lama di malam harinya, sehingga membuat sungai di wilayah setempat meluap.(aip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sekolah Sahabat Anak Diterapkan, Begini Manfaatnya

Karawang – Program Sekolah Sahabat Anak di Karawang saat ini ...