Keren! Gadis Karawang Berusia 12 Tahun Bina Penyandang Difabel untuk Membatik

Karawang – Kreativitas para perajin batik di Kabupaten Karawang memang layak diacungi jempol. Karena para perajin batik ini penyandang disabilitas yang dinamai kreasi batik tuli, Inovasi mereka membuat batik dengan motif khas Karawang. bukan hanya kain batik yang diproduksi ada baju batik juga bahkan sisa kain dari potongan baju tersebut dimanfaatkan menjadi bros, pot bunga dan gantungan kunci.

Desainer Muda Kreasi Batik Tuli, Akeyla Naraya mengatakan, awal mula dirinya membatik diarahin dengan guru desain yang juga pembatik pada tahun 2018 bahkan dirinya juga sudah mempunyai pembatik difabel 2 orang sepasang suami istri.

“Jadi saya awal mengajari kreasi batik tuli itu seorang difabel pasutri dan sekarang sudah menjadi gurunya difabel yang lain,” ucapnya.

Adapun kesusahan yang ia alami saat mengajari para penyandang difabel itu dari segi komunikasi yang sangat susah karena dirinya belum bisa menguasai bahasa isarat untuk berkomunikasi dengan mereka.

“Kesusahan yang saya alami ya dari komunikasi karena saya belum bisa bahasa isarat jadi saya suka menggunakan via whatsapp sebisa nya mereka dan semengertinya kita dalam komunikasi,” jelasnya.

Kendati demikian batik yang diproduksi oleh kreasi batik tuli tersebut bukan hanya dipasarkan di Karawang saja bahkan sudah dipasarkan ke berbagai negara seperti kirgistan, Russia Moskow dan juga yukey.(aip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Mengabdi Terhadap Tanah Kelahiran, Yana Suyatna Resmi Daftar Calon Bupati Karawang

Karawang – Menuju pilkada 2024 semaki ramai bacalon bupati Karawang ...