Dua Bendungan Segera Dibangun di Bogor untuk Atasi Banjir Bekasi & Karawang

Banjir Karawang

Bogor – Bupati Bogor Ade Yasin bersama BBWSC rapat ekspos rencana pembangunan dua bendungan di Pemkab Bogor, Cibinong, Jumat (11/3/2022).
Bupati Bogor Ade Yasin bersama BBWSC rapat ekspos rencana pembangunan dua bendungan di Pemkab Bogor, Cibinong, Jumat (11/3/2022).

Dua Bendungan Segera Dibangun di Bogor untuk AtasiBanjir Bekasi & Karawang Sabtu, 12 Mar 2022 | 12:11 WIB Vento Saudale (redaksi@investor.id)
BOGOR, investor.id – Pemerintah Pusat berencana membangun dua bendungan di bagian wilayah Timur Kabupaten Bogor pada Agustus 2022. Bendungan Cibeet dan Cijurey diharapkan bisa mereduksi banjir Bogor, Bekasi, dan Karawang hingga 66%.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Bastari menyebutkan, pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey menggunakan model terbaru dan melibatkan tenaga ahli dari Jepang.

“Bendungan mulai dikerjakan Agustus 2022. Bendungan ini adalah bendungan model terbaru, jadi pak menteri minta tidak hanya bendungan urugan seperti biasa, jadi ini akan menjadi bendungan tipe baru,” ungkapnya usai rapat ekspos rencana pembangunan tersebut bersama Pemkab Bogor, Jumat (11/3/2022).

Menurutnya, saat ini tahapan yang sedang dilakukan BBWSC bersama tenaga ahli Jepang tengah melakukan peninjauan dan pengkajian, bersamaan dengan pembebasan lahan yang tengah dilakukan.

Alasan melibatkan tenaga ahli dari luar, lantaran pembangunan bendungan ini pertama kalinya di Indonesia. “Sampai saat ini belum ada ahlinya di Indonesia, jadi kami akan melibatkan ahli dari Jepang. Kita berharap pertengahan tahun ini pelaksanaannya sudah bisa berjalan,” jelasnya.

Selain itu, desain bendungan juga akan dibahas secara intensif mengingat infrastruktur bendungan menerapkan teknologi tinggi. Pembahasan akan melalui beberapa tahapan seperti sidang teknis, sidang pleno dan persetujuan desain oleh Menteri PUPR.

Membutuhkan lahan seluas 1.700 hektar untuk Cibeet dan 203 hektar untuk Cijurey, pembebasan lahan dilakukan dengan mekanisme ganti untung. Kata dia, bendungan ini akan bermanfaat untuk penanggulangan banjir 66% di wilayah Gunung Putri, Bekasi dan Karawang. Selain itu, sebagai irigasi, kebutuhan air baku PDAM, juga untuk PLTA dan pariwisata.

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin menegaskan, Pemkab Bogor siap mendukung pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey demi kepentingan masyarakat khususnya di Bogor Timur.

Ia pun menyebut, pembangunan bendungan merupakan permintaan langsung dari warga Kabupaten Bogor untuk mengairi lahan persawahan yang kering saat kemarau. “Namun proses pembangunannya akan memakan waktu cukup lama, karena ada ratusan hektar yang harus dibebaskan, artinya masyarakat harus dilibatkan pada pembangunan ini,” tukasnya.

Ia meminta BBWSC agar terus berkoordinasi dengan Pemkab Bogor, untuk bersama-sama mencari solusi jika ada kendala terkait pembebasan lahan.(red)

Sumber : investor.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...