Pemprov Jabar Hanya Lakukan Pemeliharaan Dua Ruas Jalan Provinsi di Karawang

Faktajabar.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) hanya melalukan pemeliharaan untuk penanganan kerusakan jalan milik provinsi di Kabupaten Karawang. Itu pun hanya dua ruas jalan saja dari lima ruas jalan milik provinsi di Kota Pangkal Perjuangan.

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pembangunan Dinas PU Bina Marga Provinsi Jabar, Iwan Suanagiri memaparkan, ada lima ruas jalan milik provinsi di Karawang, yaitu Jalan Proklamasi 1,6Km, Tanjungpura-Batujaya 35Km, Palumbonsari-Johar-Tegaloa 35Km, Tegaloa-Loji 6,72 Km dan Kosambi Curug 11,7Km.

“Untuk pembangunan jalan tidak ada, hanya ada pemeliharaan saja dengan melakukan overlay di Ruas Tanjungpura-Proklamasi sepanjang 8,3 Km menggunakan anggaran Rp.10 Miliar dan Ruas Palumbonsari-Johar-Tegaloa 5,5 Km dengan anggaran Rp.8,8 Miliar,” paparnya, Jumat (10/3/2023) di kantornya.

Mananggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, Kaemin Komarudin mengatakan, kondisi jalan milik provinsi di Karawang saat ini mengalami banyak kerusakan. Apalagi setelah curah hujan yang tinggi belum lama ini banyak kerusakan yang berpotensi membahayakan penggunaan jalan.

“Yang dibutuhkan masyarakat Karawang bukan sebatas pemeliharaan dengan overlay, tapi peningkatan kualitas jalan. Sebab jika hanya pemeliharaan tidak akan bertahan lama, paling lama enam bulan sampai satu tahun juga sudah rusak lagi,” cetus legislator yang akrab disapa Ledeng tersebut.

Menurutnya, dengan anggaran Rp. 10 Miliar untuk pemeliharaan Ruas Jalan Tanjungpura-Proklamasi, akan lebih efektif jika dialihkan ke peningkatan kualitas jalan.

“Kalau uang 10 Miliar ini hanya digunakan untuk pemeliharaan, sayang. Lebih baik untuk peningkatan jalan dengan dibeton,” tegasnya.

Ledeng menambahkan, kerusakan jalan milik provinsi di Karawang terjadi hampir menyeluruh. Namun pemeliharaan pun hanya dilakukan di dua ruas jalan saja.

“Kerusakan jalan ini telah menyebabkan kecelakaan, bahkan hingga ada yang meninggal dunia. Saya harap perbaikan bisa dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya di Tanjungpura-Proklamasi dan Palumbonsari-Johar-Tegaloa saja,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...