Manfaat Berenang untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

Furqon Dwi Fathoni

Oleh: Furqon Dwi Fathoni
(Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)

RENANG merupakan salah satu cabang olahraga akuatik, di mana kecepatan gerakan kaki dan tangan menjadi kunci utamanya agar tubuh tetap mengapung. Manfaat berenang cukup beragam, hingga olahraga ini menjadi salah satu olahraga populer di seluruh dunia. Salah satu manfaat renang bagi tubuh adalah meningkatkan metabolisme, sehingga bantu tubuh membakar kalori lebih banyak, sehingga olahraga ini juga dapat menjadi pilihan bagi kita yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Ragam Manfaat Berenang untuk Anak

Bila anak Anda belum bisa berenang, sebaiknya mulai mengajarkan anak berenang sejak dini. Karena renang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan di recomendasikan untuk anak. Bahkan, olahraga untuk anak bisa di mulai sejak ia masih bayi. Lantas apa saja manfaat renang bagi anak? Berikut ini adalah manfaat renang bagi anak yang perlu anda ketahui sebagai berikut.

  1. Melatih Otot
    Saat berenang, seluruh anggota tubuh anak Anda akan bergerak untuk melawan air. Gerakan tersebut dapat membantu mengencangkan dan memperkuat otot anak Anda. Bila dilakukan secara rutin, tubuh anak akan menjadi lebih kuat. Karena tubuh yang kuat tentu saja dapat mendukung setiap aktivitas yang menunjang tumbuh kembang anak.
  2. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru – Paru
    Bukan cuma melatih otot, berenang juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Pasalnya, berenang melatih tubuh untuk menggunakan oksigen lebih efisien. Adapun hal ini dapat membantu menurunkan denyut jantung saat istirahat serta laju pernapasan yang memang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru anak.
  3. Mendapat Tidur Yang Lebih Baik
    Adapun hal ini dapat membantu menurunkan denyut jantung saat istirahat serta laju pernapasan yang memang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru anak. Sebab dengan berenang, anak akan menjadi lelah dan mengantuk setelahnya. Ini membuat anak tidur lebih cepat serta cenderung untuk tidur sepanjang malam tanpa gangguan.
  4. Mengontrol Berat Badan
    Menjaga anak tetap aktif dapat membantu mengontrol berat badan sekaligus mencegah obesitas pada anak. Nah, untuk mendapat manfaat tersebut, salah satu aktivitas fisik anak yang dapat dilakukan adalah olahraga aerobik, termasuk berenang, setidaknya anak perlu melakukan aktivitas fisik selama satu jam per hari untuk mengkontrol berat badan anak.
  5. Melatih Kepercayaan Diri Anak
    Berenang juga dapat membantu membangun kepercayan diri anak, Berenang bisa membantu mencegah dan mengatasi rasa takut pada anak saat di air. Ia menjadi lebih nyaman saat berada di air dan menganggap berenang sebagai kegiatan yang menyenangkan. Berkat hal tersebut, anak menjadi terbiasa dalam menghadapi segala tantangan. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak di segala situasi.
  6. Memiliki Kemampuan Bertahan
    Bukan sekadar percaya diri di air, bisa berenang sejak dini juga dapat membantu melatih kemampuan bertahan atau menyelamatkan diri dalam kondisi darurat di air. Ini terbukti melalui temuan sebuah studi yang menyebutkan bahwa anak berusia 1-4 tahun yang telah belajar berenang menunjukkan penurunan risiko tenggelam sebesar 88 persen maka Kemampuan ini tentu akan berguna hingga ia dewasa nanti.
  7. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh
    Saat berenang, anak akan belajar mengoordinasikan kedua sisi tubuh agar dapat bergerak di air. Selain itu, tubuh anak akan ditopang oleh air saat melakukan aktivitas fisik di air ini maka membuat anak menjadi lebih fokus untuk menjaga keseimbangannya.

Jika hal ini dilatih sejak bayi, kemampuan dan perkembangan motorik anak serta koordinasi dan keseimbangan tubuhnya akan jauh lebih baik, termasuk saat tidak berenang.

Postur tubuh anak yang rajin berenang pun cenderung lebih baik daripada yang tidak pernah berenang sama sekali.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif
    Studi dari Griffith Institute of Educational Research di Australia menemukan fakta bahwa anak-anak yang belajar berenang pada usia muda memiliki kemampuan fisik dan kognitif yang lebih baik.

Anak-anak berusia 3-5 tahun yang mengambil pelajaran berenang mendapat nilai matematika yang lebih tinggi karena dapat meningkatkan Kemampuan membaca, visual, ekspresi lisan, mengingat cerita, serta memahami arahan juga cenderung lebih baik pada anak yang belajar berenang sejak dini.

Tips Berenang yang Aman Untuk Anak
Berenang memang memberikan banyak manfaat untuk anak, tetapi perlu diketahui dan perlu memastikan keamanan anak saat berenang, karena tidak memungkinkan anak tersebut akan tenggelam dan membahayakan nyawanya.

Ada beberapa tips yang perlu diketahui:

  1. Jangan pernah biarkan anak berenang atau berada di dekat kolam renang sendirian.
  2. Pastikan anak berenang sesuai dengan kolam yang sudah di tentukan dan sesuai dengan tinggi badan anak.
  3. Selalu pastikan ada orang dewasa yang mengawasi atau menemani anak berenang.
  4. Pastikan anak mengetahui kedalaman kolam.
  5. Terapkan peraturan untuk berenang bagi anak, seperti tidak berlari di sekitar kolam renang, serta mendorong orang lain ke kolam renang.

Kesimpulan
Renang adalah salah satu olah raga yang sangat kaya akan manfaat dalam diri dan tubuh manusia kesehatan jasmani dan fisik membuat para perenang menjadi lebih sehat jantung, paru-paru dan pernafasan. Serta sangat baik untuk tumbuh kembang anak yang dapat meningkatkan mental dan menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...