Panduan teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula

Oleh : Muhamad Deni Suwandi
Universitas Singaperbangsa Karawang

Pengertian renang gaya dada
Renang gaya dada adalah teknik berenang yang dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Ini dikenal dengan sebutan ‘gaya katak’ karena gerakan badan meniru katak yang sedang berenang.” Halodoc, Jakarta – Teknik renang gaya dada menjadi salah satu dasar berenang yang diajarkan oleh pelatih.

Awalan sebelumnya mempraktekkan renang berlangsung yaitu kita memulai tahapan pemanasan agar ketika pelaksanaan renang tidak kram ataupun sakit pada bagian-bagian tertentu dan juga tujuannya untuk melatih otot-otot yang sebelumnya tidak terbiasa dalam kegiatan renang tersebut.

Lalu dilanjutkan dengan latihan pernapasan yang di mana pernapasan ini sangat cenderung paling utama untuk dilatih dalam renang gaya apapun termasuk renang gaya dada ini.

Teknik ambil napas adalah proses menghirup udara yang dilakukan di akhir pull dari gerakan lengan. Berikut teknik ambil napas dalam renang gaya dada. Saat tangan siap didorong ke depan, angkat kepala sampai batas mulut ke luar permukaan air. Segera ambil napas atau hirup udara melalui mulut.

Setelah awalan pemanasan sudah dan latihan pernapasan sudah terpenuhi lanjut ke latihan berikutnya yaitu pergerakan tangan dan pergerakan kaki serta pergerakan koordinasi pernapasan tangan dan kaki saat pelaksanaan renang gaya dada
Latihan tangan renang gaya dada
Pada renang gaya dada, telapak tangan ketika mendayung menghadap ke samping dan ketika akan membentuk sudut, kedua telapak tangan kembali menghadap ke bawah.

Kemudian kedua tangan ditarik ke atas hingga di bawah dagu dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan ibu jari tengah rapat dan juga harus di arahkan atau di pandu oleh pelatih renang yang sudah berpengalaman agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar.
Contohnya seperti gambar berikut :

Setelah latihan tangan sudah terampil dalam pergerakannya dan juga sudah lancar dalam koordinasi antara kedua tangan dilanjutkan latihan kaki pergerakan pada kaki dalam renang gaya dada.
Seperti dikutip dari buku pendidikan jasmani oleh Irwansyah berikut info sport jelaskan cara melakukan gerak kaki pada renang gaya dada

  1. Ketika tubuh berada dalam air buka kedua tungkai hingga cukup lebar
  2. Tarik kedua tungkai kaki bagian bawah ke atas secara maksimal
  3. Sejalan dengan akhir tarikan arahkan telapak kaki dengan memutar pergelangan mata kaki sehingga telapak kaki siap untuk melakukan dorongan.
  4. Dorong air dengan kedua kaki secara serentak hingga kaki berbentuk setengah lingkaran setelah itu, akhiri dengan lecutan tungkai kaki ke arah bagian bawah hingga kedua kaki berada dalam satu garis lurus di belakang tubuh.

Contoh nya seperti gambar berikut :

Dengan melakukan koordinasi gerakan kaki yang baik, tubuh akan terdorong untuk maju. Untuk itu, koordinasi gerakan ini merupakan hal yang perlu sering dilatih untuk bisa mendapatkan kecepatan yang optimal. Jikalau sudah belajar dari dasar pernapasan gerakan tangan koordinasi tangan dalam renang gaya dada dan juga pergerakan kaki dalam renang gaya dada dilanjutkan untuk melancarkan gerakan koordinasi semuanya dari pernapasan gerakan tangan dan gerakan kaki Gerakan koordinasi renang gaya dada diawali dengan posisi meluncur. Kemudian diikuti dengan teknik menahan napas di dalam air (membuang udara di dalam air) Gerak koordinasi tangan dan kaki serta pernapasan Gerakan koordinasi ini memadukan tiga hal utama yang harus dikuasai oleh para perenang gaya dada apa lgb bagi seorang pemula.

Manfaat Renang Gaya Dada

Meredakan Gejala Radang Sendi. Risiko radang sendi semakin meningkat seiring bertambahnya usia.Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru dan Jantung. Renang gaya dada termasuk ke dalam jenis latihan kardio yang berguna untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.

Melatih Kelenturan Otot Tubuh

Dalam hal ini untuk seorang pemula yang belajar renang gaya dada disarankan latihannya harus dengan panduan pelatih untuk lebih optimal dalam latihannya serta latihan ini seminggu dua kali ataupun seminggu tiga kali dikarenakan latihan tersebut sangat berpengaruh dalam kecepatannya untuk bisa dan mahir dalam menguasai renang gaya dada.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...