4 Kesalahan Renang Gaya Bebas

Oleh: Deni Fahmi Ruddin
(Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)

ABSTRACT
The world of sports is no stranger to a sport called swimming, that’s becauseswimming is a sport that is quite popular in all walks of life, starting withchildren, adults to the elderly. Even so, there are many things that must be consideredwhenswimming, namely mistakes that must be avoided. The purpose of this articleistomake it easier for everyone to know what mistakes to avoid when swimmingfreestyle.

ABSTRAK
Dunia olahraga sudah tak asing lagi dengan olahraga yang bernama renang, hal itukarena olahraga renang merupakan olahraga yang cukup digemari disemua kalangandimulai oleh kalangan anak-anak, dewasa hingga orang tua. Meskipun begitu, banyakhal-hal yang harus diperhatikan ketika berenang yakni kesalahan-kesalahan yangharusdi hindari. Tujuan dari artikel ini untuk memudahkan semua kalangandenganmengetahui kesalahan apa yang harus dihindari saat berenang gaya bebas.

Kata Kunci : Kesalahan saat berenang, Renang, Gaya bebas

  1. PENDAHULUAN

• Sejarah Renang
Banyak pendapat yang menjelaskan pengertian mengenai olahraga ini, namun ringkasnya renang merupakan olahraga yang dilakukan di air, dengan menggerakkan tubuh (tangan dan kaki) agar tidak tenggelam. Jauh sebelum olahraga renang di-launchingsecara resmi, renangsudahdilakukan berabadsebelumnya. Ditemukannyalukisan perenang di dindingGua Perenang yang tidakjauhdari Wadi Sora, Gilf Kebir, Mesir, menjadi bukti adanyarenang sudah terdokumentasi dengan jelas sejak zamanprasejarah.

Sementara itu, olahraga renang dikembangkan secara serius oleh masyarakat modern di London, Inggris pada abad ke-19. Awalnya, di kota tersebut hanya terdapat enam kolam renang. Seiring dengan perkembangannya, mulai berdiri beberapa asosiasi renang. Kepopuleran renang semakin tersebar setelah seorang kapten Angkatan Laut Inggris, Matthew Webb, berhasil menyeberangi Teluk Inggris dengan berenang tanpa menggunakan alat bantuan. Pada tahun 1875, ia berenang mengarungi perairan yang menghubungkan Perancis dan Inggris tersebut sejauh 34 km selama 21 jam 45 menit. Keberhasilannya tersebut membuatnya tersohor dan menjadikan olahraga renan semakin diminati. Pada tahun 1896, untuk pertama kalinya renang diikutsertakan dalam kejuaran olimpiade di Athena, Yunani. Saat melakukan olahraga renang tak sedikit juga kejadian-kejadian yang terjadi yakni, kecelakaan di dalam kolam renang.

  1. PEMBAHASAN

• Renang gaya bebas

Renang Gaya Bebas adalah teknik berenang yangmenggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Meskipun disebut dengan gaya bebas, teknik renang gaya bebas ini juga mempunyai aturan. Pada saat melakukan gaya ini posisi badan berada di atas permukaan, tangan mengayuh ke depan sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting. Untuk teknik pengambilan nafas adalah saat tangan diangkat keatas untuk mengayuh kemudiankepala digelengkan kesamping kanan atau kiri setelah itu lakukan penarikan nafas bisa dengan mulut atau hidung. Saat pelaksanaan renang gaya bebas sendiri ada 5 kesalahan yang harus diperhatikan saat melakukan renang gaya bebas ini:

  1. Lutut ditekuk

Terkadang orang secara otomatis menggerakkan kaki dengan cara menekuk lutut seperti bersepeda ataupun berjalan. Cara berenang dengan menekuk lutut justru akan memperbesar hambatan. Sebaiknya gerakan kaki dilakukan dengan posisi yang lurus. Bagian kaki digerakkan seluruhnya mulai dari paha sampai ke bawah. Gerakan kaki tanpa menekuk ini juga bertujuan untuk memperbesar dorongan sehingga Anda bisa menempuh jarak yang lebih jauh.

  1. Pandangan terus menerus kedepan

Ketika melakukan renang gaya bebas, pandangan mata seharusnya mengarah ke bawah, bukan tegak lurus ke depan.Posisi kepala yang benar pada saat renang gaya bebas adalah menunduk sejajar dengan tulang belakang. Kepala yang sejajardengan punggung juga dapat mendukung posisi pinggang supaya tetap di atas permukaan air.

  1. Kepala ditahan di atas air

Beberapa orang yangmasih belum profesional sering melakukan kesalahan ini. Renang gaya bebas yang benar dilakukan dengan posisi kepala yang berada di dalam air. Kepala hanya naik ke atas permukaan air ketika mengambil nafas. Berenang gaya bebas dengan kepala terus di atas air membuat Anda perlu mengeluarkan tenaga ekstra. Hal ini membuat gerakan renang menjadi kurang efektif dan punggung menjadi sakit.

  1. Mengambil nafas dengan menaikkan kepala dan pandangan kedepan

Kesalahan ini dilakukan ketika perenang menaikkan posisi kepala ketika mengambil nafas. Cara ini tidak tepat karena posisi tubuh pada renang gaya bebas diusahakan selalu sejajar. Mengangkat bagia kepala bisa menyebaban tubuh bagian bawah justru tenggelam dan menyulitkan gerakan renang. Cara mengambil nafas yang tepat pada renang gaya ini adalah dengan menengok ke samping. Pengambilan nafas dilakukan dengan memutar leher, bahu, serta pinggang secara bersama-sama ke satu sisi tubuh.

  1. Membuat gerakan tangan memutar tanpa memutar bahu dan pinggul

Perenang pemula biasanya hanya berfokus pada gerakan memutar tangan tanpa memperhatikan bagian tubuh lainnya. Cara yang tepat untuk membuat gerakan putaran tangan ini adalah dengan ikut memutar bagian pinggang dan bahu secara bersamaan. Memutar ketiga bagian tubuh tersebut secara bersama- sama membuat gerakan lebih ringan dan mempermudah pengambilan nafas.

  1. PENUTUP
    Renang gaya bebas merupakan cara berenang dengan menghadapkan posisi muka dan dada pada permukaan air, diiringi dengan gerakan tangan yang saling bergantian mengayuh dan mendorong air kebelakang yang bertujuan agar badan terdorong ke depan sehingga dapat melaju dalamair, maka dari itu pentingnya melakukan teknik dengan baik dan mengetahui kesalahan- kesalahan yang sering terjadi agar menghasilkan gerakan renang gaya bebas yang baik dan benar.
  2. REFERENSI
    https://narmadi.com/properti/kesalahan-berenang/
    https://www.studocu.com/id/document/universitas- diponegoro/olah- raga/makalah-renang-gaya- bebas/20876072. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tegas ! Dishub Bakal Tilang dan Gembok Kendaraan Parkir Liar

KARAWANG – Pemilik kendaraan yang melakukan parkir liar maka akan ...