PPK Kotabaru Gencar Lakukan Program Sadar Memilih pada Pemilih Pemula

Sosialisasi sadar memilih pada pelajar di Kotabaru

Karawang – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotabaru gencar melakukan program sadar memilih terhadap pemilih pemula dengan melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih ke sekolah-sekolah yang di wilayah tersebut.

Ketua Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi, Masyarakat dan Sumber Daya Manusia PPK Kotabaru Samsudin mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih menjadi salah satu tugas dan tanggung jawab penyelenggara Pemilu. Ada 11 basis pemilih yang menjadi target sosialisasi salah satunya adalah pemilih pemula. “Untuk menyasar pemilih pemula. Dengan demikan, maka kita mendatangi langsung ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih pemilu 2024,” ujarnya, kepada Faktajabar, Senin (10/04) kemarin.

Ia menarangkan, dari sebanyak 10 sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Kotabaru, sudah membuat jadwal untuk melaksanakan kegiatan tersebut. “Sekarang kita melakukan sosialisasi ke SMK PGRI Cikampek dulu. Alhamdulillah, antusias siswanya sangat tinggi. Nanti kita agendakan lagi sekolah-sekolah lain,” terangnya.

Menurutnya, program sadar memilih yang dikemas kedalam kegiatan KPU Goes To School yang bertajuk Peran Strategis Pelajar dalam Partisipasi Pemilu Tahun 2024 serta Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Kaum Milenial “KPU Goes To School, bertujuan untuk membentuk pelajar, agar menjadi pemilih yang bijak,” ungkapnya.

Masih dikatakanya, siswa-siswi yang mengikuti sosialisasi menjadi salah satu penentu pembangunan kedepan. Karena hak pilih yang mereka gunakan melalui memilih wakil rakyat dan pemimpin negara. “Ingat, tahun depan masyarakat Indonesia akan mengikuti dua hajat besar. Pemilu Umum akan di laksanakan hari rabu 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah akan dilaksanakan 27 November 2024. Tentu hal ini akan menjadi sejarah bagi masyarakat Indonesia, karena pesta demokrasi ini dilaksanakan di tahun yang sama. Saya berharap, diseluruh siswa-siswi di SMA/SMK sederajat, jangan sampai menyia-nyiakan hak pilihnya pada pemilu nanti,” Pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...