Puskesmas Wanakerta Siaga Layanan Kesehatan Bagi Pemudik

drg.Veronica Maulana, Kepala Puskesmas Wanakerta

Karawang – Persiapan pelayanan kesehatan di arus mudik bagi masyarakat dari Puskesmas Wanakerta.

Persiapan arus mudik bukan hanya berasal dari dinas perhubungan dan polres Kabupaten Karawang saja. Petugas Puskesmas di Kabupaten Karawang tepatnya Puskesmas Wanakerta pun telah menyiapkan pelayanan siap siaga selama 24 jam bagi pemudik. Selain itu pelayanan pun akan diberikan di luar gedung yang berada di depan Hotel Mercure.

“Kalau kita pelayanannya ada di dalam gedung dan di luar, di dalam gedung IGD harus melayani 24 jam dan persalinan tetap buka selama mudik. Gedung kami ini kebetulan ada di jalan mudik menuju Jawa Timur dan Jawa Tengah, mereka harus siap siaga,” ujar drg.Veronica Maulana, Kepala Puskesmas Wanakerta pada Senin (17/4/2023).

Ia menambahkan untuk tugas pelayanan di posko mudik akan dilakukan pada (21/4/2023) dan (27/4/2023). Jumlah personil yang diturunkan sebanyak 9 orang dengan jadwal shift ada 3 kali. Pelayanan vaksinasi Covid 19 pun masih tetap diberikan bagi pemudik. Kemudian diberikan pula penanganan untuk kecelakaan, keluhan selama di perjalanan mudik.

“Kita ditugaskan sama dinas kesehatan untuk 2 kali tugas di tanggal (21/4/2023) dan (27/4/2023). Orang-orangnya saya menurunkan satu hari itu 9 orang dengan 3 shift. Kita juga melayani vaksinasi Covid,” tambahnya.

Ia pun telah meminta kepada staff untuk memeriksa kekurangan peralatan dan bahan. Ia mengaku alat mengukur tensi darah sudah perlu diperbarui. Selain itu peralatan untuk menjahit luka pun saat ini telah mengalami penurunan kualitas. Saat apel pagi pun ia menegur staff yang tidak melakukan pelayanan secara optimal kepada masyarakat akibat peralatan yang mengalami kekurangan.

“Kami sudah siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk menjaga mutu pelayanan. Tadi saya meminta untuk melakukan briefing untuk memeriksa kembali peralatan dan bahan yang mengalami kekurangan. Sejauh ini alat tensi kami sudah harus di kalibrasi, ketika saya liat ada pengadaan barang untuk alat tensi jadi saya langsung ajukan. Kemudian peralatan jahit yang kurang,” pungkasnya.(rosman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...