Jumlah HIV/AIDS di Karawang Capai 407 Kasus, Tiap Tahun Bertambah

Ilustrasi/int

Karawang – Jumlah penyakit HIV sebanyak 184 dan PSK sebanyak 764 di Kabupaten Karawang pada tahun 2023.

Kasus penyakit HIV di Kabupaten Karawang hingga tahun 2023 dari tahun 2000 telah mencapai 407. Yana Ariana, Staff Program Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Karawang menyampaikan untuk kasus baru hingga April lalu telah ada sebanyak 184.

“Kita punya sampai data terakhir kemarin Februari 2023 dari tahun 2000 ada sebanyak 407, kasus baru sepanjang 2023 itu ada 98 untuk HIV. Sampai April dari Dinas Kesehatan kasus baru ada 184 kasus,” ujarnya Yana Ariana, Staff Program Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Karawang pada Rabu (10/5/2023).

Ia melanjutkan pihak KPAD belum mengelompokkan jumlah PSK berdasarkan usia. Ia hanya menyampaikan ada sebanyak 764 orang jumlah PSK dari usia 18 sampai diatas 50 tahun. Data ini diperoleh berdasarkan dari hasil penjangkauan yang telah dilaksanakan bersama dengan LSM. Data tersebut dari Januari hingga April 2023.

“Datanya belum kita kelompokkan, hanya ada data general saja untuk sekarang. Startnya dari umur 18 tahun, kita dapat datanya dari teman-teman LSM. Mereka menjangkau langsung di tempat terbuka,” tambahnya.

Ia melanjutkan upaya yang dilakukan, pertama memberikan pengobatan kepada penderita HIV. Pelayanan pengobatan ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), RSKP, serta 18 puskesmas. Ia menghimbau agar teman-teman penderita tidak malu untuk melakukan pengobatan dan putus obat.

“Upayanya kita itu memberikan pengobatan dan mengedukasi mereka untuk menggunakan pengaman agar menekan angka HIV. Menyebarluaskan informasi terkait bahaya HIV dan Aids. Pelayanan pemberian obat sudah banyak, ada di RSUD, RSKP dan 18 puskesmas. Ayo berobat, kita sudah membuka pelayanan seluas-luasnya. Lebih terbuka lagi, karena ke depan penyakit ini bukan menjadi penyakit yang mengerikan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...