Atlet Pencak Silat Asal SMANTikar Juara IPSI Cup, Harumkan Nama Sekolah di Karawang

Atlet pencak silat Karawang

Karawang – Santosa Abdullah, siswa SMAN 3 Karawang yang mengikuti ekstrakulikuler pencak silat. Ia mengikuti olahraga ini sejak SMP kelas 1. Berawal dari melihat demo ekstrakulikuler, kemudian ia mulai mempelajari dan mendalami. Ia lahir di Karawang pada (30/4/2006). Ia menambahkan dalam olahraga ini terdapat teman yang mendukung satu sama lain.

“Sejak SMP kelas 1 dulu waktu masih di pondok, karena pengalaman di silat itu saling mendukung. Saya termotivasi dari demo ekskul karena asyik dan menarik,” ujarnya pada wartawan, Selasa (16/5/2023)

Prestasi yang telah diperoleh selama menjadi atlit pencak silat yakni juara 1 di tingkat kabupaten dan tingkat nasional. Kemudian ia melanjutkan jika pada Juli akan kembali mengikuti kejuaraan di POPDA. Ia akan mempersiapkan dasar sampai dengan teknik untuk kejuaraan POPDA.

“Di SMA Alhamdulillah kemarin juara 1 di tingkat kabupaten, sebelumnya juga sudah memperoleh juara 1 di tingkat nasional dan akan lanjut lagi di POPDA di Bulan Juli,” tambahnya.

Hal yang membedakan pencak silat dengan olahraga yang lain yakni terdapat kelas seni dalam olahraga tersebut. Seni tersebut berupa perpaduan antara tangan, pukulan, tendangan dan tangkisan. Kemudian terdapat atraksi seperti memecahkan barang. Ia menyebutkan bagi atlit pencak silat tidak memerlukan puasa tirakat.

“Kalau di silat itu bukan hanya tanding aja tapi ada seni nya juga, saya sendiri ada di kategori tandingnya. Tidak harus melakukan tirakat bagi atlit pencak, kalau kayak gitu kembali ke kepercayaan masing-masing. Seni itu paduan tangan, tendangan, pukulan dan tangkisannya ada juga atraksinya kayak pecahin barang,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...