Dinas Pertanian Temukan Hewan Kurban Tak Sehat, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Petugas Dinas Pertanian melakukan kroscek kesehatan hewan kurban

Karawang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang temukan 5 hewan kurban yang tidak penuhi standar kesehatan hewan kurban.

Hewan kurban tak penuhi standar itu ditemukan saat DPKP Karawang lakukan sidak dan pengecekan kesehatan hewan kurban di 3 lapak di Kabupaten Karawang.

Dikatakan Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Karawang, Handoko, 5 hewan tersebut tak penuhi standar karena 2 diantaranya tidak cukup umur dan 3 hewan kurban lainnya ditemukan dalam keadaan tidak sehat.

“Yang tiga hewan itu semuanya terdeteksi penyakit sakit mata. Tapi sudah kita berikan penanganan langsung ditempat, dengan memberikan obat sakit mata secara gratis,” ungkap Handoko, Rabu,(13/6/2023)

Tidak hanya itu, pada sidak tersebut juga dirinya menemukan salah satu sapi yang sedang dalam masa pemulihan penyakit LSD.

“Sudah dikarantina oleh pemilik, kondisinya sudah membaik, namun masih harus dipantai terus kesehatannya dan boleh dijual saat sudah normal kondisinya,” terangnya

Lebih lanjut, kata Handoko, hewan yang dinyatakan tidak penuhi standar itu tidak diberikan kalung sehat sampai kondisi hewannya kembali normal.

“Tidak akan kami berikan sebelum kondisi hewannya membaik. Tadi juga kita sudah memberikan nomor teman PPL, agar saat hewan tersebut membaik dapat segera diberikan kalung sehat,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...