Mau Beli Hewan Kurban? Pilih yang Sudah Diberi Tanda Khusus Dinas Pertanian

Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Karawang, Handoko memberikan tanda pada hewan kurban

Karawang – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang Lakukan pengecekan kesehatan hewan kurban di Kabupaten Karawang.

Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Karawang, Handoko mengatakan bahwa pelaksanaan pengecekan kesehatan hewan kurban dilakukan mulai tanggal 13 sampai 28 Juni 2023.

“Untuk sasaran pengecekan kesehatan ini kita lebih ke penjual hewan kurban, yang akan di lakukan serentak di 30 Kecamatan di Kabupaten Karawang oleh 250 PPL,” kata Handoko, Rabu,(13/6/2023)

Sambungnya, ia juga membeberkan jika hasil pengecekan kesehatan yang dirinya lakukan kali ini ditemukan beberapa hewan kurban yang belum cukup usia dan ada juga yang kurang sehat.

“Ada, tadi kita menekukan sekitar 5 hewan kurban dari 3 lapak dan langsung kita berikan obat ditempat secara gratis,” ungkapnya

Masih kata Handoko, untuk hewan kurban yang lulus pengecekan kesehatan diberikan kalung sehat.

“Hewan yang sudah dicek Kesehatannya dan dinyatakan sehat, kita kasih kalung sehat sebagai tanda, itu kalung khusus dari DPKP Karawang,” katanya

Tidak hanya itu, dirinya juga mengimbau kepada penjual hewan kurban agar mengarantina hewan kurban yang didatangkan dari luar Karawang.

Dan untuk penjual, sambungnya, harus lebih selektif memilih hewan kurban. Mengingat, penyakit hewan PMK dan LSD sedang ramai di Indonesia.

“Lebih teliti, pastikan hewan kurban sehat dan tidak cacat. Jika menemukan hewan cacat atau hewan mengalami tanda-tanda penyakit, segera lapor ke PPL atau langsung ke Dinas Pertanian Ketahanan Pangan,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...