Pansus Raperda Penanaman Modal Minta DPMPTSP Maping Zona Investasi di Karawang

Nurhusna Hidayat SH., MSi.

Karawang-Penanaman Modal atau Invenstasi tidak hanya soal pembangunan industri semata. Ada beberapa sektor investasi lain yang juga dapat masuk ke Kabupaten Karawang, seperti perdagangan, pariwisata, UMKM dan lain sebagainya.

Untuk itu, Wakil Ketua Pansus Raperda Penanaman Modal DPRD Karawang, Nana Nurhusna Hidayat SH., MSi., meminta agar pemerintah daerah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai leading sektor dapat melakukan pemetaan zona investasi.

“Pemetaan zona investasi harus ada, semisal ada investor yang akan melakukan penanaman modal di sektor pariwisata, maka kita lebih cenderung ke wilayah Karawang Selatan yang merupakan dataran tinggi dan pesisir utara Karawang,” ujar legislator Fraksi Gerindra tersebut, Senin (26/6/2023).

Nana menuturkan, Pemkab juga harus memetakan daerah mana saja yang memiliki produk-produk inivatif, yang bukan hanya produk rumahan tapi sudah menjadi produk industriindustri bersekala menengah yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

“Sebagaimana kita ketahui ada Desa Cicinde Kecamatan Banyusari yang memiliki industri pengolahan ikan bandeng, lalu di Kecamatan Kotabaru ada Desa Wancimekar dengan berbagai produk konveksi dan Desa Cikampek Utara dengan produk Boneka,” ungkap dia.

Dalam implementasi Perda Penanaman Modal nantinya, Nana berharap adanya sinergitas antar OPD yang terkait, baik itu DPMPTSP, Disperindag, Bapenda, atau pun OPD lainnya.

“Saya juga menekankan agar Satpol PP sebagai penegak perda agar tidak sungkan jika ada suatu permasalahan yang dapat menghambat investasi atau penanaman modal di Karawang, kita harus tegas. Jangan sampai seperti di Rengasdengklok, ketika adanya investor yang bersungguh-sungguh untuk turut melakukan penataan pasar agar tercipta Rengasdengklok yang lebih baik, lebih estetik, tapi malah kita sendiri yang lembek, sehingga relokasi yang sudah dilakukan dari pasar Rengasdengklok ke Pasar Proklamasi tidak berjalan efektif, karena adanya sejumlah oknum pedagang yang kembali membuka lapak di lokasi yang tidak semestinya mereka berjualan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sekolah Sahabat Anak Diterapkan, Begini Manfaatnya

Karawang – Program Sekolah Sahabat Anak di Karawang saat ini ...