Cara Polres Karawang Stabilkan Harga Daging Ayam dengan Menggelar Operasi Pasar Murah

Operasi Pasar Murah

Karawang – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-77, jajaran Polres Karawang menggelar operasi pasar murah dengan menyediakan 2.000 potong daging ayam frozen yang dijual dengan harga Rp 35.000 per potong.

Dikatakan Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Wakapolres Karawang, Kompol Prasetya Purba menerangkan, kegiatan operasi pasar murah yang digelar pihaknya tersebut dengan harga lebih murah dari harga di pasaran, rupanya bertujuan untuk mengendalikan terjadinya laju inflasi guna menstabilitaskan harga kebutuhan pokok di tengah melonjaknya harga komoditas daging ayam di pasaran yang kini mencapai Rp 42.000 hingga Rp 50.000 per potong.

“Harga ini lebih murah dari harga di pasar, yang di mana kami memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar untuk berbelanja daging ayam dengan harga di bawah pasaran. Ini kami lakukan sebagai aksi sosial menyambut HUT Bhayangkara ke-77 tahun 2023 sekaligus sebagai upaya pengendalian inflasi dan stabilisasi harga Kebutuhan, salah satunya lauk seperti daging ayam,” ungkap Prasetya kepada wartawan di lokasi operasi pasar murah yang di gelar di halaman Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang pada Selasa (27/6/2023).

Dengan diadakannya operasi pasar murah di dua tempat berbeda, kata dia, diharapkan akan semakin mendekatkan sinergitas yang terwujud dengan baik antara Polri dan masyarakat. Sebab menurutnya, kegiatan operasi pasar murah ini juga mampu untuk mendukung program stabilisasi pasokan harga pangan (SPHP) dan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP) terutamanya dalam menjaga stabilitas harga daging ayam di pasaran.

“Untuk target pasar murah kali ini kami menyediakan sekitar 2.000 potong daging ayam frozen, dan tentunya kami berharap bahwa masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pangan seperti salah satunya daging ayam ini dengan harga yang murah,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Karawang, AKP Agustinus Manurung menyebutkan bahwa upaya yang dilakukan jajaran Polres Karawang dalam menggelar pasar murah ini bertujuan untuk menjamin harga kebutuhan daging ayam agar tetap stabil, khususnya untuk menjaga ketersediaan pasokan daging ayam tetap tersedia di pasaran.

“Itu yang sedang kami upayakan saat ini, salah satunya yaitu dengan menggelar operasi pasar murah yang diwujudkan oleh Polres Karawang di dalam rangkaian Hari Bhayangkara ke-77 tahun ini,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan digelarnya operasi pasar murah yang harganya relatif lebih murah dibanding dengan harga dipasaran, juga diharapkan bisa semakin mewujudkan sinergitas instansi kepolisian dengan masyarakat dalam menuju Polri yang Presisi.

“Masyarakat adalah mitra kami, ini bagian dari aksi sosial kami kepada masyarakat. Untuk itu masyarakat dapat memanfaatkan Pasar Murah yang di selenggarakan oleh Polres Karawang ini dengan baik, dan berbelanja sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan,” pintanya.

Dari pantauan wartawan di lokasi ke dua operasi pasar murah yang digelar jajaran Polres Karawang di Lapang Karangpawitan, ratusan potong daging ayam frozen buah kerjasama Polres Karawang dengan PT Ciomas Adisatwa ini langsung diserbu oleh puluhan masyarakat yang notabene-nya merupakan kaum “Emak-Emak” di Karawang.

“Kan sekarang harga daging ayam masih mahal dan ditambah juga dengan banyaknya penyedia produsen daging ayam yang mogok berjualan gara-gara harga per kilonya masih kebilang mahal (Rp 45-50 ribu per kilogramnya). Tapi dengan harga daging ayam yang dijual oleh Polres Karawang di operasi pasar murah ini, harganya sangat miring (Rp 35 ribu per ekor atau per kilogramnya). Alhamdulillah cukup terbantu dengan adanya operasi pasar murah yang digelar sama pak polisi ini,” ungkap Farida (43), salah satu pembeli yang ikut mengantri di stand lapak operasi pasar murah yang digelar Polres Karawang di Lapang Karangpawitan, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Karawang.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Mengabdi Terhadap Tanah Kelahiran, Yana Suyatna Resmi Daftar Calon Bupati Karawang

Karawang – Menuju pilkada 2024 semaki ramai bacalon bupati Karawang ...