Pembangunan Karawang Kreatif Center Jadi Tempat Bagi Pelaku Ekraf

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Fazriyan Wardani Adhitya

Karawang – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang akan mengadakan kembali pertunjukkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan dari pelaku ekonomi kreatif. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Fazriyan Wardani Adhitya menyampaikan jika pertunjukkan tersebut bukan hanya menunjukkan sub sektor seni pertunjukkan saja, namun dapat menarik sub sektor yang lain.

“Ketika ada kolaborasi antara pemerintah, perusahaan swasta dan pentahelic lainnya mengadakan seni pertunjukkan tentunya akan menarik sub sektor ekonomi kreatif yang lainnya. Sehingga semua pelaku ekonomi kreatif akan menjadi tertarik ikut bergabung, seluruh sub sektor akan berkolaborasi bersama untuk mencari langkah meningkatkan pendapatan,” ujarnya Senin (3/7)

Selain mengadakan pertunjukkan, saat ini pihak pemerintah daerah sedang melakukan upaya untuk mengajukan pembangunan gedung sebagai tempat bagi pelaku ekonomi kreatif. Gedung tersebut bernama Karawang Kreatif Center. Ia menambahkan jika pelaku ekraf sekarang pun telah memanfaatkan beberapa tempat untuk dapat mengoptimalkan memperkenalkan karya kepada masyarakat.

“Banyak lahan yang bisa kita optimalkan untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh pelaku ekonomi kreatif. Seperti Karawang Kreatif Center, kita akan berupaya mengusulkan kepada pemerintah provinsi dan pusat untuk pembangunan gedung sebagai media bersmma. Walaupun pada kenyataannya saat ini teman-teman selalu mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada untuk menunjukkan karya mereka seperti mengadakan kegiatan dan memasarkan produk di mall serta beberapa tempat,” tambahnya.

Ia mengaku gelar karya dapat bertujuan untuk menciptakan rasa cinta masyarakat dalam menggunakan produk lokal Karawang. Kemudian dapat menciptakan juga regenerasi dalam menjaga warisan budaya dan khas Kabupaten Karawang.

“Sering mengadakan gelar karya produk di mall dan tempat terbuka jadi masyarakat akan mudah mengenal serta mencintai produk lokal. Kemudian bisa meregenerasi kan kepada anak-anak mereka tentang budaya dan khas Karawang,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...